22.100 Bibit Buah-buahan dan Pohon Kembali Dibagikan Untuk Warga di Kecamatan Sungai Menang OKI

113

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Sebanyak 22.100 batang beraneka ragam bibit buah-buahan serta bibit pohon yang bernilai ekonomis tinggi, kembali dibagikan secara gratis kepada masyarakat dalam wilayah Kecamatan Sungai Menang Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Kali menyasar Desa Harapan Jaya, Jumat (25/11/2022).

Bantuan bibit buah-buahan dan pohon yang beraneka ragam jenis ini, dari Bupati OKI melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Balai Perbenihan Tanaman Hutan Wilayah I Palembang, yang diprakarsai oleh Camat Sungai Menang Syawal Harahap S.Sos M.Si.

Secara simbolis, penyerahan bantuan ini dilaksanakan oleh Bupati OKI diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Setda OKI Rosihan Anwar S.Sos, dimana terlebih dahulu dilakukan penanaman langsung bibit buah-buahan oleh Staf Ahli Bupati dan Ketua TP PKK pada acara kunjungan kerja TP PKK OKI dalam rangka supervisi, evaluasi, pembinaan dan monitoring tingkat Kabupaten OKI.

Camat Sungai Menang Syawal Harahap mengatakan, hal yang sama sebelumnya juga telah diberikan bantuan bibit tersebut di desa wilayah perairan sebanyak 20.000 bibit, pada saat kunker Ibu Ketua TP PKK Kabupaten OKI pada Juni 2022 di Desa Bumi Pratama Mandira.

“Kala itu, dengan jenis yang sama, bibit pohon juga telah dibagikan ke masyarakat. Dan kali dilakukan hal serupa, sehingga total beraneka ragam bibit pohon sudah dibagikan secara gratis pada tahun 2022 sebanyak 42.100 batang,” ungkap dia, Sabtu (26/5/2022).

Lanjut dia, hal ini dilakukan sebagai upaya Pemerintah Kabupaten OKI mendorong masyarakat guna memanfaatkan lahan yang tidak produktif menjadi produktif, hingga berdaya guna dan dapat menambah peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat.

“Selain di lahan yang tidak produktif, juga ditanam di fasilitas umum seperti masjid, sekolah, sisi kiri dan kanan jalan, serta pekarangan perkantoran dan fasilitas umum lainnya,” ujar dia.

“Untuk beraneka ragam bibit yang terdiri dari buah-buahan dan pohon untuk penghijauan tersebut sekarang tersedia di halaman kantor Camat Sungai Menang. Dan diimbau kepada masyarakat untuk dapat mengambil bibit ini guna ditanam di lahan masing-masing,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda