2 ASN dan 1 Honorer Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Kota Gunungsitoli

127

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Kasus positif Covid-19 di Kota Gunungsitoli kembali bertambah. Hari ini yang terkonfirmasi positif corona sebanyak 3 dari 4 orang yang melakukan pemeriksaan tes swab TCM di RSUD Gunungsitoli, Selasa (1/9/2020).

Ketiga orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 tersebut yakni seorang ASN di Pemkab Nias berinisial KED asal Medan berdomisili di Jalan Cipto Mangunkusumo Kelurahan Pasar. Kemudian honorer di Pemkab Nias berinisial YMD, warga Desa Sifalaete Tabaloho dan ASN di Pemkot Gunungsitoli berinisial MPH warga Sifalaete Tabaloho Kecamatan Gunungsitoli.

“Dengan bertambanya 3 orang positif hari ini, maka jumlah yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Gunungsitoli menjadi 43 orang,” jelas Gugus Tugas Covid-19 Kota Gunungsitoli melalui Kadis Kominfo Kota Gunungsitoli Onahia Telaumbanua, ST, MT didampingi Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser Juliadi Napitupulu, S.Si, Apt, MPH melalui konferensi pers yang digelar di kantor Dinas Kominfo Kota Gunungsitoli.

Onahia menyampaikan bahwa di Kota Gunungsitoli telah terjadi transmisi lokal. Oleh karena diimbau kepada masyarakat untuk melaporkan diri ke Dinas Kesehatan untuk dilakukan rapid test.

“Ini menunjukkan bahwa Covid-19 di Kota Gunungsitoli sudah terjadi transmisi lokal. Saat ini petugas kesehatan lagi berusaha sedapat mungkin menelusuri jejak siapa saja yang sudah kontak dengan pasien, dan diharapkan kepada masyarakat yang barangkali merasa sudah sempat kontak dengan yang bersangkutan untuk melaporkan diri dan melakukan rapid test,” lanjutnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Gunungsitoli Wilser Juliadi Napitupulu juga menerangkan, pasien berinisial MPH ada riwayat kontak dengan pasien positif dari klaster Gereja Bethany Pasar Yaahowu. Dan untuk pasien KED dan YMD kemungkinan tertular dari pasien yang terkonfirmasi positif corona yang dirawat di RSUD Kota Gunungsitoli.

“Berdasarkan informasi yang kita terima, dari ketiga pasien yang positif, satu pasien berinisial KED saat ini dirawat dan diisolasi di RSUD kota gunungsitoli. Sedangkan 2 orang lagi isolasi mandiri di rumah,” ungkapnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda