Wabup Tapsel Hadiri Penandatanganan PK dengan OPD se-Sumut

172

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Wakil Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H. Aswin Efendi Siregar hadiri pertemuan bertajuk ‘Peningkatan Kualitas Pelaksanaan Reformasi dan Birokrasi’ di aula Raja Inal Siregar, kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro No 30, Medan, Kamis (1/8/2019).

Dalam pertemuan ini, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi melakukan penandatangan perjanjian kerja (PK) dengan OPD di jajaran pemprov dan pemda se-Sumut, juga disaksikan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) RI, Syafruddin.

Diharapkan, ini menjadi awal bagi pemprov serta seluruh pemkab/pemkot se-Sumut agar lebih meningkatkan dan menguatkan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), serta menjadi pemicu munculnya inovasi baru dalam menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik.

Menurut MenPAN, postur birokrasi nasional Indonesia secara keseluruhan telah banyak perubahan penting. Dimana global competitiveness index 4.0 tahun 2018 menyebut, Indonesia peringkat ke-45 dari 140, naik dua grid dari tahun 2017. Survei Bank Dunia Ease of Doing Business (EODB) skor Indonesia meningkat dari 66,47 menjadi 67,96 pada tahun 2018. Di tahun sama, indeks daya saing global Indonesia juga melonjak dari peringkat 41 menjadi 36.

“Untuk Sumut, perkembangan nilai SAKIP Pemerintah Sumut meningkat sedikit demi sedikit. Pada tahun 2016 menunjukkan nilai 54,87, tahun 2017 jadi 55,33 dan tahun 2018 jadi 56,12. Meskipun tidak signifikan, yang penting ada peningkatan. Tahun ini diharapkan meningkat lagi. Predikat akuntabilitasnya kalau bisa memperoleh nilai A, begitu juga dengan kabupaten/kota se-Sumut,” harap Menpan.

Gubernur Edy Rahmayadi menyatakan, penandatanganan PK tersebut sebagai komitmen dan kesepakatan untuk melaksanakan pelayanan publik, dengan tujuan meningkatkan integritas, transparansi serta akuntabilitas aparatur pemerintahan, serta tolak ukur kinerja sebagai bahan dasar evaluasi aparatur dan penilaian terhadap pencapaian yang dilakukan pemda.

Wabup Tapsel H. Aswin Efendi Siregar menyatakan apresiasi dan dukungan penuh penandatanganan PK dengan para OPD se-Sumut tersebut. Dengan demikian, seluruh aparatur penyelenggara pemerintahan dapat lebih terpacu menjalankan roda pemerintahan menjadi lebih baik lagi.

“Ini menjadi momentum yang baik bagi semua, agar lebih meningkatkan mutu dan pelayanan publik ke depan, seraya menjadikan setiap langkah maupun keputusan yang diambil kian terukur dan terarah. Semoga hal ini menjadi titik awal memberikan dan melakukan yang lebih baik bagi masyarakat,” ujar Aswin seusai penandatanganan.

Secara simbolis, penandatangan PK OPD dilakukan dengan diwakili Kepala Biro Organisasi Setdaprov Sumut M. Faisal Hasrimy dan Plt. Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumut NG Hikmet.

Usai penandatanganan, acara diisi sesi diskusi dan tanya jawab oleh para pemda kabupaten/kota dengan Menteri PAN dan RB.

Turut hadir dalam acara tersebut unsur Forkopimda Sumut, bupati/walikota se-Sumut atau yang mewakili, pimpinan OPD Provinsi Sumut dan pejabat eselon III dan IV. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda