Upacara Persemayaman dan Pemberangkatan Sang Pelaku Sejarah Revolusi

32

BANYUWANGI-JATIM, BERITAANDA – Keluarga besar Komando Latih Korps Marinir (Kolatmar) Dipimpin Wadan Kolatmar Letkol Marinir Andi Zuanda Tambunan menghadiri upacara persemayaman dan pemberangkatan jenazah Pelda KKO (Purn) Evert Julius Ven Kandou di rumah duka, Desa Kedung Rejo Rt 01 Rw 04 Kecamatan Muncar Banyuwangi, Ahad (6/9/2020).

Upacara dilaksanakan pukul 10.30 Wib, dilanjutkan pemberangkatan jenazah Pelda KKO Purn E.J Ven Kandou dari rumah duka menuju Tanah Makan Krematorium Yayasan Bangorejo Jajag Banyuwangi, guna dilaksanakan acara kremasi (pembakaran jenazah).

Dalam kegiatan acara upacara tersebut, bertindak sebagai inspektur upacara (irup) Kolonel Mar Idi Rizaldi yang menjabat sebagai Komadan Pangkalan Marinir Surabaya. Dalam amanatnya, Kolonel Mar Idi Rizaldi menyampaikan, upacara kebesaran ini dilaksanakan sebagai penghormatan dan penghargaan pemerintah atas jasa, darma bakti dan pengabaian almarhum kepada negara dan bangsa.

“Saya atas nama keluarga besar TNI Angkatan Laut dan teman sejawat almarhum menyampaikan bela sungkawa yang sedalam-dalamnya,” ungkap dia.

Kolonel Idi Rizaldi juga menyampaikan, kita semua telah kehilangan putra terbaik bangsa yang selalu memegang teguh prinsif perjuangan dalam mewujudkan cita-cita bangsa dan negara.

Pelda KKO (Purn) E.J Ven Kandou merupakan sesepuh Korps Marinir dan juga salah satu pelaku sejarah revolusi yang telah mengangkat 7 jenazah korban G 30 S/PKI di sumur Lubang Buaya pada tahun 1965 silam.

Pria yang lahir di Kebumen 18 Mei 1937, sebelumnya sedang menderita sakit asam urat, keretakan pada lutut kaki kiri. Pada hari Selasa (1/9/2020), mengalami sesak nafas, dan di rujuk ke Rumah Sakit Al Hudha Genteng Banyuwangi untuk mendapatkan perawatan intensif. Kondisinya semakin menurun dan dinyatakan meninggal dunia pada hari Jumat (4/9/2020) pukul 15.20 Wib.

Ucapan bela sungkawa atas kepergian pelaku sejarah revolusi Pelda KKO (Purn) E. J Ven Kandou terus mengalir. Hal itu ditandai dengan deretan karangan bunga duka cita yang di kirim ke rumah duka.

Turut hadir dalam acara tersebut Letkol Mar A.Z Tambunan (Wadan Kolatmar), Letkol Mar Danang (Pas Ops Kolatmar), Dan Lanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Joko Setiyono (Dan Lanal Banyuwangi) beserta perwira dan staf, Wadan Puslatpurmar 5 Baluran Mayor Mar Helmi Hamsyir beserta perwira serta staf, Dandim Banyuwangi beserta perwira dan staf, serta Kapolres Banyuwangi beserta jajarannya. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda