TPAKD Sumsel Tawari AUTP dan KUR Bagi Puluhan Petani di OKI

335

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Puluhan petani dan wirausahawan di Kabupaten OKI ditawari Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP) dan pembiayaan Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Sumsel.

AUTP dan pembiayaan KUR ini merupakan program kerja TPAKD yang dilaksanakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional VII Sumbagsel. Sosialisasi kepada petani OKI diselenggarakan di aula Dinas KPTPH OKI, Kamis (25/4/2019).

Sabil selaku Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional VII Sumbagsel mendorong dan mengimbau para petani di OKI agar memanfaatkan program asuransi pertanian dan pembiayaan KUR tersebut yang ditangani oleh Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo).

Dia menjelaskan, program asuransi petani padi ini diterapkan agar petani bisa mendapat layanan keuangan. Jika terjadi gagal panen, petani bisa mendapat perlindungan asuransi.

“Petani di OKI perlu dijamin. Adanya jaminan dalam bentuk asuransi ini, nanti petani bisa mendapatkan pembiayaan khususnya dari bank, sehingga kontribusi petani akan terasa,” tukasnya.

Kabid PPHPP Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikuktura Sumsel Ir Dwi Rita Kusumawardani MSi didampingi Sekdin KPTPH OKI Ahmad Zaini mengatakan, inti sosialisasi ini adalah pembiayaan pertanian.

“Untuk di OKI, tahun ini target pembiayaan pertaniannya 10 ribu hektare. Kami juga melakukan pembiayaan di kabupaten lain di Sumsel yang lahannya persawahan dan pertanian,” kata Dwi Rita.

Ahmad Zaini menambahkan, dinasnya mewakili seluruh petani bersyukur hadirnya kedua program pro petani ini.

“Kami sudah menerapkan asuransi pertanian sejak tahun 2015, pelaku usaha kami sudah mengasuransikan sekian miliar dan sudah pernah klaim,” ceritanya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda