KPU OKI Siap Gelar PSL dan PSU di 2 TPS

425
Ilustrasi.

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – KPU OKI siap melaksanakan pemungutan suara lanjutan (PSL) dan pemungutan suara ulang (PSU) di dua (2) TPS sesuai rekomendasi Bawaslu OKI.

“Jadi itu kita kroscek memang kejadiannya seperti itu (berdasarkan rekomendasi Bawaslu OKI). Untuk PSU akan dilaksanakan Sabtu (27/4/2019),” ujar Komisioner KPU OKI Divisi Sosialisasi Partisipasi Masyarakat dan SDM, Muhammad Aknan, Kamis (25/4/2019).

Berdasarkan hasil kroscek yang dilakukan pihaknya ke TPS 25 Desa Bumi Pratama Mandira di Kecamatan Sungai Menang, memang ada 50 orang yang mencoblos surat suara menggunakan e-KTP namun tidak terdaftar di TPS tersebut.

“TPS ini kalau tidak salah di daerah perusahaan. Berdasarkan penjelasan petugas KPPS, mereka tidak berani mencegah karena awalnya hanya dua orang (yang mencoblos pakai e-KTP), namun berlanjut lagi beberapa orang sampai sekitar 40 orang. Jadi mereka itu datangnya sedikit-sedikit,” katanya.

Untuk logistik PSU, lanjut Aknan, saat ini KPU OKI masih menunggu kedatangan logistik. “Insya Allah datang nanti sebelum waktu PSU,” tuturnya.

Sementara untuk rekomendasi PSL di TPS 17 Desa Tugu Jaya Kecamatan Lempuing, Aknan menjelaskan, 90 orang yang harus mengikuti PSL tersebut sepakat tidak ingin melanjutkan.

“Mereka sepakat dan sudah tanda tangan (pernyataan). Hal ini sudah kita terima dan akan diplenokan,” jelasnya.

Diwartakan sebelumnya, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) merekomendasikan Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat agar melaksanakan pemungutan suara ulang dan lanjutan di 2 TPS yang berada di Kecamatan Sungai Menang serta Lempuing OKI.

Pasalnya dari hasil pengawasan yang dilakukan oleh pengawas, di TPS 25 Desa Bumi Pratama Mandira Kecamatan Sungai Menang telah terjadi pencoblosan surat suara yang dilakukan oleh pemilih non DPT, non DPTB dan non DPK sebanyak 50 orang dalam pemilihan presiden (pilpres) serta pemilihan legislatif (pileg) 2019.

Sementara itu di TPS 17 Desa Tugu Mulyo Kecamatan Lempuing, telah terjadi kekurangan surat suara untuk pemilihan presiden (pilpres). Akibatnya dari 253 orang masuk DPT, hanya 160 orang bisa lakukan pencoblosan, sisanya 93 orang tidak dapat salurkan hak suara dalam pilpres dan hanya bisa salurkan hak suara pemilihan legislatif (pileg) saja.

Oleh karena itu, menurut Ketua Bawaslu OKI Ikhsan Hamidi, atas dasar temuan tersebut pihaknya merekomendasikan agar KPU OKI melaksanakan PSU di TPS 25 Desa Bumi Pratama Mandira dan PSL di TPS 17 Desa Tugu Mulyo, dengan mempedomani ketentuan peraturan perundang-undangan.

“Sesuai Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang pemilihan umum, Peraturan Bawaslu RI Nomor 1 Tahun 2019 sebagaimana diubah terakhir kali dengan Nomor 9 Tahun 2019 dan PKPU Nomor 3 Tahun 2019 sebagaimana diubah dengan Nomor 9 Tahun 2019, maka kita rekomendasikan KPU segera gelar PSU dan PSL,” ungkap Ikhsan, Senin (22/4/2019).

Menanggapi hal itu, Divisi Sosialisasi, Farmas dan SDM KPU OKI M. Aknan menegaskan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti rekomendasi tersebut dengan terlebih dahulu mengecek data dan mengkroscek langsung ke lokasi kedua TPS dimaksud.

“Akan dipelajari terlebih dahulu dengan mengecek data dan mengkroscek langsung ke lokasi. Kenapa demikian, karena kita tidak bisa menerima rekomendasi secara mentah – mentah tanpa mengkroscek kebenarannya. Jika terbukti benar, maka akan ikuti dan sesuai ketentuan segera dilaksanakan pada 27 April 2019 nanti,” ungkapnya.

Jikapun terbukti, ditambahkan Ketua KPU OKI Deri Siswandi, pihaknya juga akan menanyakan langsung kepada para pemilih, khususnya di TPS 17 Desa Tugu Mulyo, apakah siap bila dilaksanakan PSL. Sedangkan untuk TPS 25 Desa Bumi Pratama Mandira rencananya akan dipindahkan dari lokasi semula agar kejadian tidak terulang.

“Jika ternyata pemilih di TPS 17 tidak bersedia mengikuti PSL maka tidak dilaksanakan, tetapi bila mereka bersedia maka akan dilaksanakan. Sedangkan lokasi TPS 25 Desa Bumi Pratama Mandira kita rencanakan lokasinya dipindahkan dari lokasi semula, guna mencegah kejadian terulang dan semua akan digelar pada 27 April 2019 nanti,” tandasnya.

Sementara itu Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra menegaskan bahwa pihaknya siap lakukan pengamanan berlangsungnya PSU di TPS 25 dan PSL di TPS 17 jika jadi dilaksanakan pada 27 April 2019 nanti.

“Saya akan instruksikan Kapolsek Cengal dan jajarannya supaya ikut mengawal dan lakukan pengawalan di TPS 25 Desa Bumi Pratama Mandira jika jadi digelar PSU, mengingat banyak terdapat pemilih yang memiliki e-KTP Cengal yang sebelumnya ikut mencoblos di TPS tersebut, begitupun di TPS 17 anggota kita juga siap,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda