TNI Menantang Maut Demi Membangun Akses Desa Pedalaman

238

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Prajurit TNI yang tergabung dalam Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/TS terus berjibaku dalam pengerjaan jalan penghubung Desa Hutaraja Lamo menuju Desa Mondang, Kecamatan Sosa, Palas.

Untuk membuka jalan sepanjang 4200 meter dengan lebar 8 meter itu, TNI tak sekedar berpeluh keringat, bahkan sampai menantang maut. Ini terlihat manakala rombongan TNI menuju lokasi pembukaan jalan yang melalui medan berat berupa lintasan arus deras sungai.

“Mau tak mau situasinya memaksa kami harus melintasi sungai tersebut untuk mengantar bahan bakar minyak (BBM) alat berat yang yang beroperasi disana,” ungkap Serma Sumiadi, Babinsa Koramil 09/Sosa Kodim 0212/TS juga personel Satgas TMMD, Senin (29/7/2019).

Dikatakannya, tak jarang rasa was-was mendera batin mereka ketika melintas sungai. Apalagi mengingat faktor cuaca yang tak menentu. Sebab, bisa dibayangkan jika arus air bah mendadak datang dan mereka masih lagi berada di tengah-tengah aliran sungai.

“Personel cuma bisa pasrah sembari memohon keselamatan kepada Allah disaat kami masih menyeberangi sungai. Berdoa semoga tidak terjadi hal yang buruk dan tidak diingini,” kisah Sumiadi seraya menyebut pertaruhan itu sudah bagian dari tugas dan kewajiban.

Pun demikian, lanjut dia, semua kekhawatiran itu akan terobati dengan niat yang tulus menjalankan amanah ibu pertiwi sebagai wujud dan bentuk pengabdian kepada rakyat. Sehingga pada akhirnya eksistensi TNI semakin tertanam di hati masyarakat.

“TNI selalu ada dan hadir untuk rakyat. Dan, TNI juga turut membangun bangsa dan negara, khususnya peranan dalam mensejahterakan rakyat melalui program TMMD ke-105 Kodim 0212/TS yang rutin dilaksanakan setahun sekali,” pungkas Sumiadi. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda