Tim Penilai Lomba BUMDes Sumut Berkunjung ke Sergai

641

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) Sumatera Utara, Tengku Fahrizal Husni, memaparkan ketika dirinya menghadiri acara penilaian lomba Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Tingkat Provinsi Sumatera Utara yang akan diperlombakan di tingkat provinsi.

Melalui WhatsApp (WA), Ahad (21/7/2019) sore, ia menyebutkan bahwa pada penilaian lomba BUMDes yang dilaksanakan di kantor Desa Buluh Duri Kecamatan Sipispis Sergai pada hari Kamis (18/7/2019) lalu, bahwa pada kegiatan yang diagendakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Sumut menjadi eksistensi bagi BUMDes yang diusulkan masing-masing kabupaten untuk dapat dilombakan pada ditingkat provinsi.

“Sedangkan tim penilai lomba tersebut berkunjung ke BUMDes Buduma Desa Buluh Duri yang juga dihadiri oleh Kepala Dinas PMD Provinsi Sumut Drs.Candra Silalahi M.Si didampingi  Prof.Dr.Hamdani Harahap selaku civititas akedemisi dari Universitas Sumatera Utara,” kata dia menjelaskan.

Pada kesempatan tersebut, lanjut dia menceritakan, pengurus BUMDes Buluh Duri Mandiri yang bernama Budiman menerangkan cara mengelola unit usaha air bersih untuk meningkatkan transparansi pengelolaan kegiatan kemasyarakatan. Kemudian pengembangan wisata arung jeram dengan penyediaan home stay serta penggunaan teknologi digital dalam media promosi agar dapat menjangkau wisatawan.

“Bukan hanya lokal saja, tapi juga internasional,” demikian yang disampaikan oleh pengurus BUMDes tersebut.

“Sedangkan untuk kegiatan arung jeram dalam safety guardnya menjadi faktor utama. Serta dipandu oleh pemandu yang telah memiliki sertifikasi nasional, dimana mereka merupakan atlet PON dan telah menjuarai beberapa event nasional maupun internasional,” terang dia lagi.

Pada acara tersebut juga dihadiri oleh Kabid UEM PKP Dinas PMD yang mewakili Kepala Dinas PMD Sergai dan Kepala Desa Buluh Duri Dewi Yanthi Purba. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda