Terkait Implementasi e-Planning dan e-Budgeting, Pemkot Gunungsitoli ‘Berguru’ ke Tapsel

225

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli jalin Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Selatan (Tapsel) terkait implementasi e-planning dan e-budgeting, dilaksanakan di ruang kerja Bupati Tapsel, Senin (15/7/2019).

Walikota Gunungsitoli Ir. Lakhamizaro Zebua mengatakan, bahwa penandatanganan nota kesepahaman atau MoU yang dilaksanakan di ruang kerja Bupati Tapsel ini berdasarkan arahan Kepala Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan Sumatera Utara VM. Ambar Wahyuni.

Jelasnya lagi, menurut Kepala BPK RI Perwakilan Sumut, Kabupaten Tapsel bisa menjadi acuan Pemkot Gunungsitoli untuk mengaplikasikan dikedua sistem itu (e-planning dan e-budgeting).

“Karena Pemkab Tapsel salah satu daerah tingkat dua di Sumatera Utara yang sistem perencanaan pembangunan dan penganggarannya melalui elektronik yang sudah terintegrasi menggunakan aplikasi tersendiri dan cukup baik,” kata dia.

Selama di bawah kepemimpinan Bupati Syahrul M.Pasaribu, Pemkab Tapsel sudah lima kali berhasil secara berturut-turut meraih opini WTP dari BPK RI, diantaranya tahun 2014, 2015, 2016, 2017, dan 2018.

“Kiranya dengan ilmu yang diserap dari Tapsel, Pemkot Gunungsitoli bisa meraih WTP kembali dalam pengelolaan keuangannya,” ungkap walikota.

Bupati Tapsel Syahrul M.Pasaribu mengapresiasi kunjungan dari Pemkot Gunungsitoli. Ia menyatakan, pihaknya akan terus melakukan terobosan dan inovasi baru menyambut era digitalisasi 4.0.

Adapun penandatangan MoU ini juga disaksikan oleh Wakil Bupati Tapsel Aswin Efendi Siregar, Sekda Tapsel Parulian Nasution, Kepala BPKAD Tapsel Ahmad Buchori, Ketua Bappeda Abadi Siregar, Kakan Kesbang Hamdy Pulungan, Kepala BPKAD Gunungsitoli Yasokhi Harefa, Kepala Bappeda Gunungsitoli Oimonaha Waruwu, Kepala Dinas Pendidikan Kurnia Zebua, beserta sejumlah pejabat kedua belah pihak. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda