Tenaga Honorer Pemkab Sintang Akan Dilatih Menjadi Tim SAR

258

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Sekitar ratusan undangan hadiri acara ramah tamah Pemerintah Kabupaten Sintang dan tokoh masyarakat dengan Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI Marsekal Pertama TNI F. Indra Jaya SE MM, Ahad (24/3/2019) malam di pendopo bupati setempat

Bupati Sintang dr. Jarot Winarno menyatakan, dengan luas wilayah 21 ribu kilometer persegi, kondisi sarana transportasi darat dan sungai yang masih cukup sulit, ditambah dengan kegawatdaruratan kebakaran hutan dan lahan, sering terjadi banjir juga kecelakaan di sungai, dan tanah longsor di beberapa daerah, kegiatan pelatihan search and rescue (SAR) sangat diperlukan.

“Kami juga telah menetapkan kegawatdaruratan infrastruktur dasar itu salah satu prime mover yang harus kami kerjakan selama lim tahun terakhir, sehingga berbagai bentuk kejadian bencana dan kegawatdaruratan selalu kami antisipasi,” jelas dia.

“Dengan hadirnya Basarnas ini memberikan energi baru dan warna baru, sehingga kami menyambut baik kehadiran Basarnas. Bahkan ingin mengikat dengan suatu kerjasama yang tersinergikan,” jelas dr. Jarot Winarno.

Menurut bupati, kedepan apabila perlu para pegawai di lingkungan Kabupaten Sintang juga diberikan pelatihan dari Basarnas. Mengingat respon pelatihan ini sangat besar.

Sementara itu, Direktur Bina Potensi Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) RI  Marsekal Pertama TNI F. Indra Jaya SE MM mengatakan, bahwa Pos SAR yang didirikan di Kabupaten Sintang selama ini masih terkendala dengan personel yang terbatas, hanya sebanyak 8 orang.

”Namun saya sangat berterimaksih sudah mendapatkan dukungan dari Bupati Sintang. Beberapa tenaga honorer yang akan dilatih menjadi Tim SAR pada hari ini agar bisa membantu para personel Pos SAR di Kabupaten Sintang,” tegas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda