Tahun Ajaran Baru, 117 Ribu Siswa dapat Seragam Gratis dari Pemkab Muara Enim

304

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pada tahun ajaran baru, sebanyak 117 ribu siswa akan mendapatkan seragam sekolah gratis dari Pemkab Muara Enim. Hal itu diungkapkan langsung oleh Bupati Muara Enim H. Ir. Ahmad Yani saat membuka acara pembinaan kepala SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Muara Enim di gedung Putri Dayang Rindu, Selasa (28/5/2019).

“Mereka dapat seragam sekolah dan sepatu. Sehingga nanti semuanya seragam, tidak ada baju bagus dan jelek, begitupun sepatunya,” ujar Ahmad Yani.

Menurut Yani, seiring dengan perubahan dan tantangan terhadap penyelenggaraan pendidikan kedepan yang semakin besar, maka pemkab sesuai dengan visi dan misinya yang keempat adalah mewujudkan pendidikan dan kesehatan yang mudah dijangkau dan bebas biaya/

“Pemerintah Kabupaten Muar Enim telah menganggarkan biaya bantuan fasilitas penunjang belajar bagi seluruh peserta didik SD/MI SMP/MTS berupa pakaian seragam sekolah harian dan sepatu untuk 117 ribu peserta didik SD/MI dan SMP/MTS se-Kabupaten Muara Enim,” kata dia lagi menjelaskan.

Sehubungan dengan dana bantuan fasilitas penunjang belajar bagi peserta didik yang akan disalurkan ke sekolah madrasah melalui bosda (bos daerah), lanjut bupati, maka pihaknya mengingatkan agar kepala sekolah/madrasah untuk mengelola dana tersebut sesuai peraturan yang berlaku.

“Hindarilah penyimpangan terhadap penggunaan dana BOS agar tidak tersandung dengan hukum. Silahkan kelola dana tersebut sesuai dengan peruntukannya. Untuk membantu kesejahteraan guru honorer, Pemerintah Kabupaten Muara Enim pada tahun 2011 telah menganggarkan dana tunjangan pegawai harian lepas (PHL) sebesar Rp26.620.000.000 miliar untuk 2.850 orang guru dan tenaga kependidikan yang memenuhi persyaratan. Diharapkan dengan bantuan tersebut akan mendapat motivasi peningkatan kinerja guru,” kata bupati.

“Penyediaan dana tersebut tentu belum mencukupi untuk memenuhi semua kebutuhan sekolah madrasah, dengan anggaran yang terbatas ini, kami mengharapkan peningkatan kinerja kepala sekolah,” tukas bupati. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda