Surat Suara Pemilu di Sekadau Mulai Disortir dan Dilipat

247

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Sebanyak 102 orang sejak hari Ahad (17/3/2019) kemarin, melaksanakan penyortiran surat suara pemilu di kantor KPU Sekadau. Para pekerja tersebut terdiri dari laki-laki dan wanita yang telah dewasa.

Pantauan BERITAANDA, para pekerja ini terlihat khusuk dan fokus dengan tugas mereka melihat kelayakan surat suara serta melakukan pelipatan sesuai jenis surat suara.

Ratusan bahkan ribuan surat suara yang harus mereka selesaikan terkumpul dihadapannya. Dengan beralaskan tikar dan terpal, pelaksanaan pelipatan suara tersebut dilakukan secara melantai.

Ketua KPU Sekadau Drianus Saban S.Pd mengatakan, surat suara mulai disortir dan dilipat sejak Ahad kemarin pasca didistribusikan oleh KPU RI pada hari Jumat lalu.

“Targetnya satu pekan, nanti dilihat berapa yang rusak atau tidak layak, kita laporkan ke KPU RI,” ungkap Saban.

Pelipatan surat suara ini dilakukan sejak pagi hari sampai dengan malam, guna mengejar target waktu.

Surat suara akan disimpan di kantor KPU Sekadau sampai dengan menjelang pendistribusian ke kecamatan mendekati 17 April mendatang.

“Nanti akan kelihatan kebutuhan dan jumlah yang ada, setelah penetapan DPTb tahap dua besok hari,” sambung Saban.

Para pekerja ini juga diawasi secara ketat oleh Petugas Pengamanan Dalam (Pamdal) KPU dan Kepolisian Resor Sekadau yang melaksanakan pengamanan melekat di kantor KPU Sekadau.

Setiap masuk dan keluar kantor KPU, para pekerja pelipatan diperiksa, baik badan dan barang bawaan, guna memastikan tidak adanya surat suara yang dibawa.(Arni)

Bagaimana Menurut Anda