Sempat Buron 4 Bulan, DPO Bobol Ruko Ini Akhirnya Disikat Polisi

84
Pelaku bobol ruko, Mulyadi, ditangkap unit Reskrim Macan Putih Polsek Indralaya.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Kepolisian Sektor Indralaya kembali unjuk gigi. Kali ini Unit Reskrim berjuluk Macan Putih pimpinan Kanit Reskrim IPDA Zulkarnaian Afianata beserta anggota Opsnal berhasil mengamankan Mul (26), warga Desa Muara Baru Pemulutan yang merupakan pelaku  pembobol ruko sehingga menyebabkan korbannya merugi puluhan juta rupiah.

Penangkapan pelaku sendiri bermula dari Laporan Polisi : LP / B / 12 / I / 2022 / Sumsel / Res OI / Sek IND, Tanggal 31 Januari  2022. Oleh korban atas nama Rudi Hartono (47), warga Karya Jaya Kertapati Kota Palembang.

Korban melaporkan, pada hari Jumat (28/1) silam sekira pukul. 07.30 WIB, ia dan rekannya akan memulai pekerjaan, lalu mengambil peralatan di dalam ruko tempat penyimpanan barang berlokasi disamping SPBU Km. 36 Kelurahan Indralaya Raya.

Pada saat membuka pintu dengan kunci, ia melihat kayu dan besi penghalang pintu belakang sudah tidak dalam keadaan menahan pintu.

Sontak atas kejadian tersebut, korban curiga dan melakukan pengecekan terhadap barang-barang yang tersimpan pada bagian dalam ruko. Ternyata setelah melakukan pengecekan, barang milik korban telah hilang.

“Barang tersebut berupa baju yang tersimpan di dalam karung sebanyak 1 (satu) bal, 1 (satu) unit bor listrik, 1 (satu) unit mesin air. Ditafsir kerugian korban sebesar  Rp 25 juta,” ujar Kapolres OI AKBP Yusantiyo Sandhi melalui Kapolsek Indralaya AKP Herman, Jumat (27/5) siang.

Setelah melakukan investigasi, lanjutnya, pada hari Jumat (27/5) sekira pukul 10.00 WIB, Unit Reskrim Polsek Indralaya mendapat informasi terkait keberadaan pelaku yang sebelumnya identitasnya sudah diketahui serta sudah masuk sebagai daftar pencarian orang (DPO).

Pelaku terlacak sedang berada di daerah Kayuagung.

“Tim kemudian bergerak melakukan pengejaran dan akhirnya berhasil menangkapnya di Jalan Letnan Darna Jambi Kelurahan Sukadana Kayuagung, tepatnya di depan kantor BNN Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI),” imbuhnya.

Adapun pelaku berikut barang bukti berupa 1 (satu) unit sepeda motor merk Yamaha Vixion warna hitam, 1 (satu) unit helm, 1 (satu) helai celana panjang warna abu-abu, 1 (satu) pasang baju pendek dan celana panjang, dan 1 (satu) helai celana panjang warna coklat, serta 1 (satu) helai celana pendek warna biru kini diamankan di Mapolsek setempat.

“Terhadap pelaku kita akan kenakan Pasal 363 KUHP tentang tindak pidana pencurian dengan pemberatan, dengan ancaman di atas 4 tahun penjara,” pungkasnya. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda