Satgas TMMD dan Polres Tapsel Gelar Penyuluhan Hukum dan Kamtibmas

426

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Satuan Tugas (Satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/TS menggelar penyuluhan hukum dan kamtibmas, bertempat di SMKN 1 Sosa Kabupaten Padang Lawas (Palas), Senin (29/7/2019) pagi.

Kegiatan sasaran non fisik dalam program TMMD ke-105 Kodim 0212/TS dengan tema ‘bahaya penyebaran berita hoax’ ini, TNI mengandeng jajaran Polres Tapanuli Selatan (Tapsel) dan diikuti sedikitnya 30 orang siswa SMAN 1 Sosa ditambah 70 orang siswa SMKN setempat.

Kasat Binmas Polres Tapsel AKP Erman Tanjung sebelum memulai pemaparan meterinya menyampaikan terimakasih kepada Satgas TMMD, atas pelibatan Polres Tapsel dalam pelaksanaan serta mensukseskan TMMD di Kecamatan Sosa, Palas, yang berlangsung sekira satu bulan lamanya.

Dia mengatakan, tujuan penyuluhan ini sangat baik untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat, khususnya bagi generasi muda ataupun pelajar, terkait maraknya pemberitaan yang beredar di media massa maupun jejaring sosial belakangan ini.

“Targetnya ialah bagaimana masyarakat, utamanya kaum muda-mudi memiliki pengetahuan dasar untuk lebih bijak menerima, mendengar, bahkan menyebarkan pemberitaan yang belum tentu benar, dan seperti apa dampak buruknya terhadap kehidupan berbangsa dan bernegara,” kata Erman.

Melalui penyuluhan ini, lanjut dia, kalangan pelajar dapat lebih bijak dalam menggunakan media sosial, sehingga tidak terburu-buru membagikan sebuah informasi yang kebenarannya belum terkonfirmasi, dan menegaskan ada sanksi hukum yang bisa menjerat penyebar berita hoax.

Disisi lain, Pujab Trisnawati Napitupulu, siswa kelas XI ATPH SMKN 1 Sosa, mengaku mendapat wawasan baru. Dari penyuluhan ini, ujar dia, mereka menjadi tahu ciri-ciri serta bahaya dari berita hoax. Sehingga, akan selalu berhati-hati jika menerima berita, khususnya berita yang ada di media sosial.

Turut hadiri dalam penyuluhan tersebut Pasiter Satgas TMMD Kodim 0212-TS, Kepala Sekolah SMKN 1 Sosa, dan sejumlah anggota Satgas TMMD lainnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda