Sajian Rentak Melayu Sambut Kedatangan Tim PIID-PEL Kemendes RI

360

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Rentak irama Melayu sambut kedatangan Tim Kementerian Desa (Kemendes) RI di Dusun Rambutan Desa Melati II Kecamatan Perbaungan Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), tepatnya di Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Madani, Jumat (22/11/2019) malam.

Kedatangan Tim Pilot Inkubasi Inovasi Desa dan Pengembangan Ekonomi Lokal (PIID-PEL) dari  Kemendes tersebut yang berjumlah 8 orang, dipimpin oleh Arinto Agoes Witjaksono selaku Tenaga Ahli Program PIID-PEL dan para fotografernya.

Kedatangan mereka ke Desa Melati II ini yaitu dalam rangka pembuatan video yang berdurasi selama 5-6 menit tentang pelaksanaan PIID-PEL di Desa Melati II, untuk disebarluaskan di 15 kabupaten di seluruh Indonesia sebagai model pemanfaatan pengguna anggaran dana desa (DD), dalam rangka pengembangan ekonomi desa. Karena dari 127 desa di Indonesia, Desa Melati II adalah salah satu desa yang mereka jadikan model di Sumatera Utara.

Pada malam hiburan tersebut yang berupa lagu dan tarian, disajikan oleh Kelompok NN Pusaka Sergai, yang membuat suasana pada malam tersebut semakin riuh.

Sebelumnya pada siang harinya, Tim PIID-PEL berkunjung Palungguhan Toh Joyo sembari membahas pelaksanaan tentang program dan perkembangan Desa Wisata Tani Melati II.

Selanjutnya mereka berkunjung ke Daerah Wisata Tani di Panteng Kleset di Dusun Rambe. Tim PIID-PEL Kemendes Arinto sangat kagum atas nuansa Desa Melati II yang tidak memiliki gunung dan lautan, tapi bisa membangun wisata tani dengan mengandalkan referensi untuk ekonomi lokal. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda