Prajurit TNI Bersama Masyarakat Kebut Kegiatan Fisik TMMD

187

PALAS-SUMUT, BERITAANDA – Kegiatan lintas sektoral program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-105 Kodim 0212/Tapsel hingga kini terus berlangsung dan dikebut. Aksi ini rutin dimulai pukul 08.00 Wib setiap harinya.

“Sebelum personel Satgas TMMD terjun ke lokasi, terlebiih dahulu kita lakukan apel pagi sembari menutupnya dengan doa mohon berkah dan keselamatan pada saat bekerja di lokasi,” kata Pasiter Kodim 0212/TS, Lettu Inf. Syaiful Abdi, Jumat (26/7/2019).

Syaiful menerangkan, sasaran fisik yang dikerjakan pada hari ini adalah kegiatan fisik yakni peningkatan jalan dengan menggunakan eskavator. Sementara personel bekerja secara manual dengan cara menyisip material bahan di jalan.

“Sebelum dibangun, personel Satgas TMMD dibantu warga membersihkan lahan dari sampah maupun pepohonan, kemudian diratakan. Usai pembersihan, lalu dilakukan pekerjaan perataan tanah dengan menggunakan alat buldozer,” ungkap dia.

Untuk pengangkutan material berupa batu kali dan kerikil kasar, lanjut Syaiful, pihaknya menggunakan alat transportasi dump truk yang senantiasa standby di lokasi guna mengantisipasi material bahan apa yang dibutuhkan.

Sedangkan meratakan permukaan jalan agar rata sekaligus pemadatannya, digunakan alat tandem roller. Hal ini, menurut Syaiful, berguna untuk menyatukan lapis pondasi atas dan lapis permukaan.

“Segala sesuatunya, kita kerjakan secara bergotong-royong dan bahu-membahu dengan masyarakat setempat. Disinilah kita mewujudkan bagaimana sesungguhnya arti kemanunggalan TNI dan rakyat,” ujarnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda