Tertangkap Basah Mencuri, Yolanda Meringkuk di Sel Tahanan

634

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Kepergok saat sedang ingin mencuri di Dusun III Tanjung Harapan Desa Pelimbangan Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Yolanda (22) akhirnya diserahkan warga ke Polsek Cengal pimpinan IPTU Eko Suseno, Kamis (25/6/2019) kemarin.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra didampingi Kabag Ops. Polres OKI Kompol Yudha Widya Nugraha melalui Paurbinops Bag.Ops. Polres OKI IPTU Bambang Pancawala, saat dikonfirmasi, Jumat (26/7/2019), membenarkan hal tersebut.

“Tertangkapnya pria sekaligus warga setempat tersebut, bermula dari kecurigaan pasca terjadinya pencurian 1 unit Handphone merk Vivo tipe 1807 warna merah hitam milik korban Dedi Erlino (34), yang diduga dilakukan oleh Yolanda,” ungkapnya.

Kala itu Rabu (24/7/2019) sekira pukul 09.30 Wib, katanya, handphone milik korban diletakkan di atas meja dapur, lalu dikait pelaku menggunakan bambu yang telah dirancang sedemikan rupa. Melalui jendela bagian belakang rumah korban, di Dusun III Desa Pelimbangan Cengal OKI.

“Setelah pelaku berhasil mencuri handphone diperkirakan seharga Rp2,6 juta, kemudian sekira pukul 11.00 Wib, handphone itu langsung dijual pelaku kepada Miyeng senilai Rp700 ribu. Dengan dalih, kalau handphone itu milik kakak perempuannya,” tandas dia.

Keesokan hari Kamis (25/7/2019) sekira pukul 08.00 Wib, masih katanya, korban Dedi Erlino dibantu warga kembali melakukan pengintaian di sekitar rumahnya. Dan tak lama setelah itu, tiba – tiba ada satu orang pria datang.

“Setiba di rumah korban Dedi Erlino, pria itu ternyata benar adalah Yolanda, sedang berusaha melakukan pencurian di rumah yang tidak ada penghuninya, dengan cara akan merusak pintu jendela bagian belakang rumah tersebut,” jelas dia.

Lalu seketika itu juga korban bersama warga langsung menangkap pelaku. Dan setelah diinterogasi oleh korban, lanjutnya, pelaku juga mengakui kalau memang dirinya yang sebelumnya mengambil handphone milik korban serta sudah dijual kepada Miyeng dengan harga Rp700 ribu.

“Atas pengakuan itu, korban dibantu warga mengajak pelaku mendatangi dan memang benar handphone ada sama Miyeng. Lalu korban bersama warga membawa pelaku berikut barang bukti handphone tersebut menuju Polsek Cengal. Setiba disana langsung diamankan,” tuturnya.

Ditambahkan dia, tersangka Yolanda dan barang bukti berupa 1 unit HP merk VIVO tipe 1807 warna merah hitam dan uang tunai sejumlah Rp75 ribu yang merupakan uang sisa penjualan handphone milik korban, sudah diamankan untuk proses lebih lanjut. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda