Polda Sumsel Musnahkan Ribuan Gram Sabu dan Ratusan Gram Ekstasi

249

PALEMBANG, BERITAANDA – Pemusnahan barang bukti narkotika sitaan Direktorat Reserse Narkoba Polda Sumsel ini merupakan pelaksanaan amanah UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika, Khususnya Pasal 91 Ayat 2.

Hal ini diungkapkan Kapolda Sumsel Irjen Pol. Priyo Widyanto, MM dalam sambutannya pada kegiatan tersebut yang digelar sekira pukul 14.00 Wib di Mapolda Sumsel, Senin (9/12/2019) siang.

“Oleh karena itu, wajib dimusnahkan paling lambat 7 hari terhitung sejak menerima penetapan pemusnahan dari Kejaksaan Negeri setempat,” tegas Kapolda lagi.

Lanjut dia, ini hasil ungkap kasus bulan Oktober 2019 dari 3 LP dengan 3 orang tersangka. Kata Kapolda, terdiri narkotika golongan I bukan tanaman jenis sabu sebanyak 5.064,57 gram dan ekstasi sebanyak 217,75 gram dalam bentuk serbuk.

“Setelah disisihkan untuk pemeriksaan laboratorium forensik dan untuk sidang Pengadilan Negeri. Barang bukti yang akan dimusnahkan antara lain sabu 5.057,41 gram dan ekstasi 210,59 gram dalam bentuk serbuk,” ungkap Kapolda.

Oleh Karena itu, masih kata Kapolda, mari bersinergi upaya pencegahan dan berantas penyalahgunaan narkotika sejak dini guna cegah kecenderungan makin meningkatnya kasus penyalahgunaan narkoba di wilayah hukum Polda Sumsel, baik secara kuantitatif maupun kualitatif.

“Saat ini penggunaan narkotika sudah beralih dari tempat – tempat hiburan ke tempat kegiatan masyarakat, seperti pertunjukan orgen tunggal. Terlihat jelas ketika dilaksanakan razia di tempat – tempat hiburan malam,” tandas Kapolda.

Diharapkan, lanjut Kapolda, jajaran criminal justice system di Sumsel tetap satu visi dalam upaya menegakkan kasus narkoba di wilayah kita. “Agar semaksimal mungkin Provinsi Sumsel terbebas dari bahaya narkoba, sebagaimana komitmen pemerintah RI bersama-sama negara Asean lainnya untuk zero free drugs of Asean,” pungkas Kapolda. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda