Perbasi Sekadau Tatar Guru Olahraga Dapatkan Lisensi C

42
Foto bersama pengurus Perbasi dan Bupati serta para guru olahraga peserta penataran. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Persatuan Basket Indonesia (Perbasi) Kabupaten Sekadau memberikan penataran pelatih basket berlisensi C kepada guru olaharaga sekolah.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Bupati Sekadau, Aron, Selasa (7/12) pagi, di SMP Negeri 1.

Ketua Perbasi Sekadau, Sandri Hardiansah SM menyatakan, penataran ini dilaksanakan dengan melihat perkembangan olahraga basket di Kabupaten Sekadau.

“Masalah yang dijumpai minimnya minat dari para remaja yang mengikuti pelatihan serta mengikuti kejuaraan di tingkat provinsi dan lainnya,” kata Sandri dalam laporannya.

Dengan adanya permasalahan ini, Perbasi Sekadau mengambil langkah pelaksanaan pelatihan pelatih berlisensi C yang bekerjasama dengan para guru olahraga di sekolah – sekolah dan MKKS.

“Bertujuan ntuk meningkatkan ilmu pengetahuan bagi guru olahraga tentang bola basket, serta mampu diterapkan di berbagai jenjang sekolah seperti SD,SMP, dan SMA,” timpalnya.

Selain itu, melalui penataran ini, juga untuk melegalkan pelatih bola basket untuk dapat mendampingi atlet saat mengukuti kompetisi di luar kabupaten.

“Hasil yang diharapkan, guru yang mendapatkan pelatihan dapat menjaring atlet berpotensi untuk menjadi atlet kabupaten,” harap Sandri.

Ketua Harian KONI Kabupaten Sekadau, Djafar A. Rachman, menyatakan rasa bangganya dengan kegiatan yang diselenggarakan Pengcab.

“Program KONI kepada Pengcab agar melalukan penjaringan atlet di sekolah-sekolah. Selain itu juga perlu peningkatan SDM, terutama wasit, juri serta pelatih,” kata Djafar.

Bupati Sekadau, Aron juga menjelaskan bahwa beberapa tahun terakhir aktifitas olahraga ditiadakan karena adanya wabah Covid 19. “Termasuk pembiayaan kegiatan keolahragaan,” kata dia.

“Diharapkan tahun depan proses olahraga di Sekadau bisa berjalan baik, karena akan menghadapi Porprov,” kata Bupati Aron.

Untuk menghadapi ajang Porprov, Bupati Aron menyatakan telah menandatangani anggaran dana hibah kepada KONI di tahun 2022.

“KONI memiliki 38 Pengcab di Sekadau. Dana hibah itu akan dibagi ke Pengcab-Pengcab untuk pembiayaan kegiatan,” sambung Aron.

Bupati juga menegaskan, kedepan akan dilakukan koreksi terhadap proses yang telah dilaksanakan di bidang olahraga.

“Melalui para guru olahraga agar dapat menumbuhkan minat bakat di bidang olahraga,” tutupnya.

Penataran ini secara teori dipusatkan di SMP Negeri 1, dan praktek lapangan akan menggunakan lapangan basket Betang Yout Center.

Panitia pelaksana juga mendatangkan Aridoni Wira Medya yang merupakan pelatih Perbasi berlisensi A di tingkat provinsi. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda