Penyebab Sering Bersendawa Setelah Olahraga

224

SERBA-SERBI, BERITAANDA – Bersendawa saat olahraga mungkin terdengar memalukan atau aneh. Namun, itu sangat mungkin terjadi pada siapa saja.

Seperti yang dilansir dari Indian Express, Senin (27/1/2020), sendawa adalah hal yang normal. Secara medis, sendawa adalah kondisi manusia yang sangat mendasar dan terjadi ketika tubuh mencoba melepaskan udara berlebihan yang ada di dalam sistem selama pencernaan.

Meskipun secara normal itu adalah proses yang tidak menghasilkan suara, itu bisa sangat memalukan selama situasi tertentu. Ketika Anda berolahraga dan berlatih ada banyak aliran darah yang terjadi di dalam tubuh.

Dalam melakukan itu, darah mengalir melalui organ-organ utama di saluran pencernaan, termasuk perut dan usus, di mana proses pencernaan terjadi dalam ayunan penuh. Sekarang ketika darah mengalir, itu merusak proses pencernaan dan menyebabkan masalah pencernaan yang tidak menyenangkan dan meciptakan semacam vakum. Pada akhirnya menyebabkan masalah seperti bersendawa.

Itu juga lebih mungkin terjadi ketika Anda makan sesuatu yang berat, tepat sebelum latihan. Oleh karena itu, Anda perlu mengatur waktu makan dengan benar, serta menjaganya agar tetap sinkron dengan latihan rutin.

Bersendawa berlebihan dan tidak disukai juga bisa terjadi ketika makan seseuatu yang mengandung gas dalam perut, seperti kacang-kacangan, sayuran, gandum, gluten, atau minuman berkarbonasi. Dehidrasi, sekali lagi, adalah penyebab utama masalah, bersamaan dengan konsumsi makanan yang memerlukan waktu lebih lama untuk dicerna oleh tubuh.

Selain itu, para ahli mengatakan mungkin ada faktor lain yang dapat menyebabkan bersendawa. Jika Anda cenderung minum kopi tepat sebelum atau setelah latihan, itu dapat membuat ketidakseimbangan kesehatan dan mengiritasi lapisan perut, terutama pada mereka yang memiliki perut sensitif.

Sisi lain, sendawa bisa ditangani dengan cara yang mudah selama Anda mengingat hal-hal tertentu. Coba sesuaikan kebiasaan makan dan ingat apa yang diminum sebelum latihan.

Cobalah untuk membatasi makanan yang menyebabkan sendawa, jika memiliki perut yang sensitif. Membuat perubahan gaya hidup juga dapat membantu mengatasi masalah itu. (*)

Sumber: republika.co.id

Bagaimana Menurut Anda