Pengunjung FBO2T Minati Lukis Sketsa Wajah Hitam Putih

774
Ilham sedang mengerjakan sebuah lukisan wajah salah satu pengunjung stand FBO2 Tabagsel, di Alaman Bolak, Padang Nadimpu, Kota Padangsidimpuan, Sabtu (21/12/2019).

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Ilham mengayunkan tangan kanannya dengan menatap sebuah foto yang diletakkan di tangan kirinya. Sejurus kemudian, kuas di genggaman tangan digoreskan hingga menciptakan garis tipis dan tebal didominasi satu warna, hitam.

Pelukis bergenre realis asal Sumatera Barat ini dengan penuh kehati-hatian mulai melukis sketsa wajah wanita berkerudung, di stand berukuran 1,5×2 meter, berlokasi di Festival Budaya dan Oleh-oleh Tabagsel (FBO2T) di Alaman Bolak, Padang Nadimpu, Sidimpuan.

“Itu pesanan melukis wajah orang dewasa yang keempat, yang saya kerjakan di hari ke-4 sejak mengikuti even FBO2T ini,” kata Ilham, ketika ditemui BERITAANDA, Sabtu (21/12/2019).

Ayah dua anak ini bercerita, keikutsertaannya di even FBO2T merupakan kali kedua. Lokasi ini satu dari sekian banyak pagelaran serupa yang dikunjungi, di hampir seantero nusantara. Dari tangannya, sudah tak terhitung berapa lukisan yang dibuat dan terpajang di dinding rumah.

“Sulawesi jadi provinsi terjauh yang pernah saya ikuti. Waktu itu disana ada pekan raya. Nyaris semua wajah dari berbagai kalangan pernah saya lukis. Mulai dari masyarakat biasa hingga wajah pejabat seperti mantan Gubernur Sumatera Utara,” ujar Ilham menambahkan.

Diutarakannya pula, lukisan wajah senantiasa disukai dan digemari banyak orang. Apalagi, pemesan tak harus menunggu lama untuk bisa melihat wajah diri sendiri dari sudut pandang berbeda. Hanya memakan waktu 15 sampai 30 menit, sebuah lukisan artistik terselesaikan.

Untuk omzet di FBO2 Tabagsel sendiri, rata-rata penghasilan dari jasa melukis Ilham mencapai Rp1 juta per hari. Setiap hari, sedikitnya ada 10 buah lukisan wajah yang dikerjakan. Dibanding tahun-tahun sebelumnya, ungkap Ilham, jumlah itu terbilang jauh menurun dari biasanya.

Harga yang dipatok, Ilham menyebutkan untuk ukuran kertas 30×40 cm, per wajah dikenakan Rp100 ribu bagi kalangan anak-anak dan Rp150 ribu bagi dewasa. Hal ini dikarenakan tingkat kesulitan berbeda. Jika wajah anak-anak mulus tanpa noda, wajah orang dewasa relatif banyak gurat ataupun kerutan.

“Ukuran diatasnya lagi saya hargai dikisaran Rp250 ribuan,” sebut Ilham lagi, sembari memperlihatkan lukisan wajah seorang gadis kecil mengenakan songkok bermotif bunga, di sisi kanan atas lukisan wajah Kian Santang, Oemir Demier artis terkenal Turki, dan lukisan penarik minat terpajang lainnya. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda