Pemkot Gunungsitoli Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Managemen Usaha Bagi Pelaku Usaha Mikro

123

GUNUNGSITOLI -SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli menggelar pelatihan kewirausahaan dan managemen usaha bagi pelaku usaha mikro, bertempat di Hotel Tinca Jl. Yos Sudarso Gunungsitoli, Selasa (27/8/2019).

Kegiatan yang diprakarsai oleh Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli ini diikuti sebanyak 70 orang peserta yang terdiri dari pelaku usaha mikro yang tersebar di 6 kecamatan di Kota Gunungsitoli.

Pelatihan ini bertujuan untuk mendorong para pelaku usaha agar lebih memacu motivasi untuk berusaha, melatih peserta secara bertahap agar memiliki kompetensi kewirausahaan dan bisnis, melatih wirausahawan agar mampu bertindak mendirikan usaha yang layak dengan memanfaatkan peluang yang ada pada saat tertentu dan di daerah tertentu, serta mengembangkan SDM yang mampu menciptakan kesempatan kerja bagi dirinya sendiri maupun orang lain sesuai tuntutan pembangunan.

Pelaksanaan kegiatan ini semata dalam rangka mewujudkan program pengembangan kewirausahaan dan keunggulan kompetitif usaha kecil menengah, maka Pemerintah Kota Gunungsitoli melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli dalam hal ini bidang koperasi dan UKM.

Sekretaris Daerah Kota Gunungsitoli melalui Asisten Bidang Pembangunan dan Perekonomian Drs. H. Arham Dusky Hia, M.Si yang membuka secara resmi pelatihan ini menjelaskan, bahwa Kota Gunungsitoli memerlukan suatu strategi dan lompatan besar dalam hal memberdayakan masyarakat untuk menciptakan lapangan pekerjaan sendiri dengan kecakapan berwirausaha, semangat dan kecakapan berwirausaha akan mampu mengatasi masalah pengangguran, kemiskinan, dan mengangkat tingkat kesejahteraan masyarakat.

Pelatihan berjalan lancar, dengan narasumber yang terdiri dari Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Gunungsitoli Yurisman Telaumbanua, S.Sos, M.Ec.Dev, dari akademisi ada Fatolosa Hulu, SE, MM (Ketua STIE Pembnas Nias) dan salah satu wirausaha muda yang sukses Arisman Junitehe Daely, S.Sos, MM.

Dalam penyampaian materi, narasumber menjelaskan tentang kebijakan pemerintah untuk menumbuhkembangkan kewirausahaan, strategi dan managemen tata kelola usaha, permodalan, promosi dan kiat menghadapi persaingan usaha serta managemen usaha untuk mewujudkan bisnis/usaha yang sukses dan peluang pasar yang perlu dimanfaatkan di tengah gejolak pasar yang sangat kompetitif. Terlebih di era digitalisasi saat ini, dimana konsumen membutuhkan kemudahan dan kenyamanan dalam bertransaksi. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda