Pemkot Gunungsitoli Bersama Kodim 0213/Nias Tekan Laju Pertumbuhan Penduduk dengan Program Ini

337

GUNUNGSITOLI–SUMUT,BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli bersama Kodim 0213/Nias canangkan bulan bhakti sosial TNI-KB-KES tahun 2019 dengan tema ‘untuk mencapai cakupan kesehatan semesta kita tingkatkan akses dan kualitas pelayanan KB Kesehatan di seluruh wilayah NKRI’. Dilaksanakan di aula pertemuan UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Barat, Jumat (12/7/2019).

Walikota Gunungsitoli Ir.Lakhomizaro Zebua menyampaikan bahwa kegiatan pencanangan ini merupakan momentum penting yang dapat berkontribusi nyata dan meningkatkan kesertaan masyarakat dalam program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga) yang dapat menjangkau sasaran sampai daerah terpencil dan tertinggal, untuk menjaga kualitas pelayanan dan kelangsungan ber-KB,” kata dia.

“Salah satu tujuan pemerintah dalam menghadapi persoalan penduduk saat ini adalah menekan laju pertumbuhan jumlah penduduk melalui pelaksanaan program keluarga berencana yang dilaksanakan BKKBN bersama-sama TNI dengan menerapkan pelayanan langsung kepada masyarakat, khususnya Pasangan Usia Subur (PUS) sebagai sasaran program KB”, ujar walikota.

Selanjutnya, Walikota Gunungsitoli menyampaikan apresiasi kepada Bapak Dandim beserta jajarannya yang turut berperan aktif dalam mensukseskan program ini.

Dandim 0213/Nias Letkol. Inf. Y. Reymond RS Purba juga menyampaikan bahwa salah satu tugas TNI adalah melaksanakan pemberdayaan wilayah pertahanan di darat yang dilaksanakan oleh TNI AD melalui pembinaan teritorial.

“Keberhasilan Program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) akan menghasilkan sumber daya manusia yang tangguh dan meningkatkan derajat ketahanan nasional, serta mampu memberikan jaminan terhadap kesinambungan pembangunan nasional yang pada akhirnya akan mampu secara signifikan meningkatkan kesejahteraan rakyat,” jelas dia.

Harapnya, kata dia, melalui kegiatan kerjasama ini kita harap akan menghasilkan formula yang dapat mendorong terwujudnya ketahanan keluarga sebagai kekuatan mendasar dalam rangka mewujudkan ketahanan nasional.

Ketua panitia Kapten Arm. F Waruwu dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan kegiatan berlangsung untuk 4 bulan, mulai dari bulan Juni sampai dengan September 2019, dengan menetapkan target Prediksi Perkiraan Masyarakat (PPM)/Peserta Keluarga Berencana yang baru sebanyak 2358 calon akseptor.

Pada peresmian kegiatan ini ditandai dengan pemukulan gong yang selanjutnya dilanjutkan dengan peninjauan kegiatan kontrasepsi di UPTD Puskesmas Kecamatan Gunungsitoli Barat.

Turut hadir Kapolres Nias Denny Kurniawan beserta jajarannya, Ketua TP PKK Kota Gunungsitoli Tini Lakhomizaro Zebua bersama Venny Sowa’a Laoly, para pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Gunungsitoli, tokoh masyarakat, tokoh agama dan undangan lainnya. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda