Pemkab Nias Selenggarakan Musrenbang Kabupaten Tahun 2020

615

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Nias menyelenggarakan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) Kabupaten Nias tahun 2020 dan perencanaan pembangunan rancangan RKPD Kabupaten Nias tahun 2019 dengan tema ‘Percepatan Ketersediaan Infrastruktur Dasar Wilayah Dalam Upaya Mendukung Peningkatan SDM dan Pertumbuhan Wilayah yang Berkualitas Menuju Nias yang Maju, Mandiri dan Sejahtera’, dilaksanakan di ruang serbaguna kantor bupati setempat, Rabu (13/3/2019).

Kepala Bappeda Kabupaten Nias Edwin Fanolo Hulu, ST. MT menjelaskan bahwa tujuan musyawarah perencanaan pembangunan ini untuk memperoleh masukan dan saran penyempurnaan pada tahap lanjutan, dengan tujuan untuk menghimpun aspirasi atau harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan pada tahun 2020 mendatang.

“Tujuan yang diharapkan dari musyawarah perencanaan pembangunan ini antara lain adalah melakukan penjaringan aspirasi dan harapan para pemangku kepentingan terhadap prioritas dan sasaran pembangunan di Kabupaten Nias, serta merumuskan saran dan masukan terhadap rancangan RKPD Kabupaten Nias tahun 2020 yang nantinya akan menjadi pedoman dalam penyusunan penyempurnaan rancangan renja perangkat daerah,” jelas dia.

“Hasil yang diharapkan dari pelaksanaan musrenbang saat ini yakni untuk memperoleh saran dan masukan penting yang lebih menitikberatkan pada pendekatan teknokratis, penandatanganan berita acara kesepakatan musyawarah perencanaan pembangunan serta tersusunnya arah kebijakan pembangunan,” kata dia lagi.

Sementara Bupati Nias Drs. Sokhiatulo Laoli menyampaikan, penyelenggaraan kegiatan musrenbang ini merupakan salah satu tahapan penting dalam proses penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), yang merupakan pelaksanaan amanat Permendagri Nomor 86 tahun 2017. Dimana forum ini nantinya diharapkan akan menghasilkan kesepakatan antar pelaku pembangunan tentang Rancangan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias, sinkronisasi dan integrasi serta sinergitas antara Rencana Kerja Perangkat Daerah (Renja-PD), masyarakat dan pemangku kepentingan pembangunan dalam pencapaian secara komprehensif tujuan pembangunan Kabupaten Nias.

“Sebelum kita melaksanakan forum musrenbang ini, telah terlebih dahulu dilaksanakan berbagai tahapan perencanaan yang berjenjang, baik melalui penelaahan pokok-pokok pikiran DPRD, musrenbang RKPD kabupaten di desa, musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan, forum konsultasi publik dan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah untuk beberapa bidang pembangunan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh pemangku kepentingan, dan usulan kegiatan yang dinilai mampu mengatasi permasalahan pembangunan di Kabupaten Nias sehingga rancangan RKPD semakin berkualitas,” tegas dia panjang lebar.

Bupati menjelaskan, pada forum musrenbang ini beberapa masukan dan kesepakatan yang disampaikan pada forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah masing-masing bidang pembangunan, telah dilakukan penyesuaian oleh perangkat daerah sekaligus diselaraskan dengan hasil-hasil musrenbang RKPD kabupaten di kecamatan dan rencana kerja (renja) perangkat daerah, untuk seterusnya menjadi bahan penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten Nias tahun 2020.

Jelasnya, RKPD tahun 2020 ini merupakan RKPD tahun keempat dalam dokumen RPJMD Kabupaten Nias periode 2016-2021. Arah kebijakan pembangunan tahun 2020 tersebut memiliki arti yang sangat strategis, yaitu untuk memastikan serta memantapkan capaian pembangunan yang telah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya, dengan terus melakukan perbaikan dan penyempurnaan pada upaya -upaya yang dilakukan pemerintah daerah serta mensinergikan capaian pembangunan untuk mewujudkan pembangunan secara berkelanjutan secara fisik, sosial dan ekonomi.

“Demikian juga sejalan dengan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Nias tahun 2020, maka di dalam mewujudkan keterpaduan serta keselarasan dengan pencapaian prioritas nasional dan provinsi yang menjadi beban daerah, dokumen ini akan mengakomodir strategi serta arah kebijakan pembangunan daerah yang mendukung pencapaian dimaksud antara lain penetapan indikator dan target nasional serta provinsi menjadi indikator dan target renja perangkat daerah, kontribusi anggaran daerah yang mendukung prioritas nasional serta melakukan verifikasi langsung terhadap kegiatan yang tidak mendukung pencapaian prioritas nasional melalui kriteria dan pembobotan tertentu di dalam aplikasi perencanaan berbasis elektronik (e-planning),” terangnya.

Selanjutnya, Bupati juga menjelaskan bahwa dokumen RKPD tahun 2020 ini juga akan menjadi instrumen bagi pemerintah daerah untuk mengukur capaian target standar pelayanan minimal dan mengukur kinerja pelayanan perangkat daerah.

Berorientasi pada kondisi tersebut, maka tema yang kita tetapkan dalam rancangan RKPD Kabupaten Nias Tahun 2020 adalah ‘Percepatan Ketersediaan Infrastruktur Dasar Wilayah Dalam Upaya Mendukung Peningkatan SDM dan Pertumbuhan Wilayah yang Berkualitas Menuju Nias yang Maju, Mandiri dan Sejahtera’.

“Dari tema tersebut tercermin unsur pokok yang menjadi fokus RKPD Kabupaten Nias tahun 2020, yaitu pembangunan yang bersifat menyentuh seluruh dimensi pembangunan masyarakat serta memastikan kesinambungan upaya-upaya yang telah dilakukan dalam periode pembangunan tahun pertama, kedua dan ketiga.”

“Tema pembangunan tersebut juga berorientasi kepada peningkatan kualitas sumber daya manusia yang didukung oleh infrastruktur dasar yang memadai. Sehingga untuk mewujudkan hal tersebut maka diperlukan strategi pembangunan yang memperkuat ketersediaan infrastruktur yang mendukung peningkatan kemajuan ekonomi, mendukung pengembangan dan penguasaan teknologi, serta mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia,” paparnya.

Bupati menjelaskan, prioritas pembangunan daerah Kabupaten Nias pada tahun 2020 mendatang yang menjadi target dan perhatian yaitu, bidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, ekonomi, penanggulangan kemiskinan, serta pemerintahan dan aparatur.

“Forum musrenbang ini memiliki arti yang strategis, karena dalam forum ini kita semua akan bersama-sama menyumbangkan pemikiran untuk memberikan masukan tentang program dan kegiatan pembangunan prioritas yang akan kita laksanakan dalam satu tahun yang akan datang. Kita berharap semoga melalui forum ini akan diperoleh masukan-masukan yang cerdas dan konstruktif bagi pembangunan Kabupaten Nias,” ungkapnya.

Selanjutnya, secara khusus Bupati Nias mengucapkan terima kasih kepada Kepala Bappeda Provinsi Sumatera Utara dan kepada narasumber Prof. Dr.lic.rer.reg Sirojuzilam Hasyim Ahmad, SE pada forum musrenbang Kaupaten Nias tahun 2020.

“Kami berharap dapat memberikan sumbangsih pemikiran positif untuk lebih memboboti rancangan Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD), yang nantinya menjadi rumusan dalam penyempurnaan rancangan akhir RKPD tahun 2020,” pungkas bupati. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda