Pemkab Nias Peringati Hari Pendidikan Nasional

180

NIAS-SUMUT, BERITAANDA – Bupati Nias Drs Sokhiatulo Laoli, MM bertindak sebagai inspektur upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2019, Rabu (1/5/2019).

Pidato Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Prof. Mohamad Nasir yang dibacakan melalui  Bupati Nias menyampaikan, bahwa dalam kehidupan suatu bangsa, pendidikan mempunyai peranan yang amat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan.

Sangat tegas konstitusi kita menyatakan bahwa salah satu tujuan pemerintah negara Indonesia yang dihantar oleh perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia adalah memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dalam peringatan Hardiknas mengangkat tema tahun ini yakni ‘mewujudkan sumber daya manusia kompetitif, inovatif dan berkarakter’. “Tema ini relevan untuk menghadapi kondisi dunia yang berkembang menjadi semakin kompleks dengan kecepatan perubahan yang semakin pesat. Revolusi perangkat lunak telah mentranformasikan kegiatan ekonomi, dengan sebagian pekerjaan yang ada akan digantikan oleh otomatisasi.”

Bupati mengajak generasi penerus bangsa agar kompetitif, kreatif, dan inovatif di era disrupsi saat ini. Maka perguruan tinggi Indonesia dituntut untuk ikut berevolusi dan didorong kesanggupannya untuk melakukan upaya transformasi digital dalam penyelenggaraan kegiatan tridharma dan pengelolaan perguruan tinggi.

“Perguruan tinggi juga diharapkan berkontribusi dalam mensolusikan masalah sosial ekonomi bangsa,” pungkas Bupati Nias. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda