Pemkab Muara Enim Peringati Hari Kartini ke-140

461

MUARA ENIM, BERITAANDA – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas PPPA gelar peringatan Hari Kartini yang ke-140, dengan mengangkat tema ‘Perkuat Advokasi dan Aksi Nyata Kualitas Pendidikan Formal Perempuan’. Acara dipusatkan di Gedung Kesenian Dayang Rindu Muara Enim, Selasa (23/4/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Muara Enim Ir H Ahmad Yani MM mengatakan, seorang wanita sudah sejak dahulu setara dengan laki-laki. Hal ini atas perjuangan kaum wanita, salah satunya Kartini.

“Saat kehadiran kaum wanita yang sangat berarti melakukan sumbangsih dalam pembangunan kerja dan kehidupan saat ini,” jelas dia.

Dikatakannya, keselarasan dengan kaum perempuan sangatlah penting dalam kehidupan. Tentunya, semua itu terwujud saat kaum wanita dengan kaum laki-laki dapat sinergis dalam segala hal. “Dengan begitu, diharapkan dalam peringatan Hari Kartini ini akan muncul pejuang-pejuang perempuan baru,“ ujar Yani.

Ditambahkannya, kaum perempuan sangat penting sekali. Dimana kaum perempuan mampu memposisikan diri setara dengan pria.

“Kaum perempuan Indonesia telah menunjukkan peran dan tanggung jawabnya untuk turut andil dalam pengambilan keputusan publik. Disamping itu, peran reproduksi, produktif maupun sosial. Kehadiran kaum perempuan dalam pembangunan bangsa juga telah terbukti memberikan sumbangsih yang berarti dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, meningkatkan kesejahteraan keluarga, dan ketahanan kemampuan untuk berperan ganda dalam kehidupan, serta sukses bekerja tanpa meninggalkan kodrat sebagai ibu rumah tangga, atau ada keseimbangan di dalamnya,” tegas bupati.

Selaras dengan itu, ditambahkan Yani, maka perempuan sebagai salah satu kunci ketahanan keluarga harus bangkit dan mampu menempatkan dirinya sebagai garda terdepan dalam menciptakan generasi yang tangguh dan handal. Tentunya kondisi ini dapat terwujud setiap perempuan mampu mewujudkan keutuhan dan kesetaraan gender. Dimana akan terbangun sinergi antara laki-laki dan perempuan.

“Disamping itu, melihat pentingnya perempuan sebagai tempat pendidikan pertama dan utama bagi kaum perempuan yang menginginkan pendidikan yang diberikan kepada kaum perempuan,” pungkas dia. (Angga)

Bagaimana Menurut Anda