Opled Ramai, Media IPED Kuatkan Bisnis Usaha Masyarakat Desa

150

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kepala Bidang (Kabid) Usaha Ekonomi Desa dan Pembangunan Kawasan Pedesaan dari Dinas PMD Sergai, Samsul Sijabat SE MM menjelaskan, optimalisasi  pemberdayaan lembaga usaha ekonomi desa melalui ruang belajar masyarakat inovatif yang disingkat opled ramai ini, merupakan media informasi pemberdayaan ekonomi desa (IPED) bertujuan untuk menguatkan bisnis usaha masyarakat.

“Program optimalisasi ekonomi desa di Sergai persoalannya adalah lembaga-lembaga yang ada di Sergai, baik itu bentukan desa serta lembaga kerjasama antar desa belum seutuhnya dapat berdaya terhadap penguatan bisnis, pengembangan produk, keuangan, pemasaran sampai kepada advokasi,  serta kemitraan usahanya juga,” ucap Samsul Sijabat, Selasa (27/8/2019).

Ia menambahkan bahwa, dari semua usaha-usaha yang dilakukan oleh masyarakat itu memiliki persoalan.

“Maka kita sediakan ruang belajar inovatif untuk menyediakan jasa layanan teknis kepada masyarakat yang ingin mengembangkan usaha. Seperti digital marketing, penyiapan akses pasar terhadap produk, kemudian izin -izin usahanya, bagaimana pola- pola menagemen keuangan yang baik,” kata dia.

“Tujuan opled ramai ini dibentuk di masing-masing kecamatan, karena pemangku kebijakan di Kabupaten Serdang Bedagai di Dinas PMD ini adalah kepala dinas, dan saya selaku Kabid menjalankan program, dan kita idekan program baru, ide-ide baru bagian dari inovatif. Inovatif inilah yang menjadi satu gagasan kita namanya ruang belajar inovatif. Saat ini dengan waktu 2 bulan baru terbentuk di Kecamatan Pantai Cermin dan program masa panjangnya akan kita bentuk di setiap kecamatan, “ pungkas Samsul Sijabat mengakhiri. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda