Netizen ‘Nyinyir’ di Facebook, IWAS dan IWO Lapor Polisi

156

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Pengurus IWAS dan IWO Kabupaten Sekadau, Selasa (26/5/2020) siang, melapor ke kantor Polres setempat. Pasalnya, beberapa akun Facebook (FB) diketahui nyinyir di media sosial (medsos) yang memposting pernyataan bahwa penyebaran berita 3 warga Sekadau postif Covid-19 sebagai berita hoax. Tak hanya itu, beberapa akun juga mengungkapkan kata-kata kasar, bahkan bernada ancaman kepada wartawan.

“Kedatangan kita untuk mengajukan beberapa akun FB yang terkesan menuding wartawan berbohong terkait pemberitaan warga Sekadau positif Covid-19,” kata Ketua Ikatan Wartawan Sekadau (IWAS) Abdul Syukri bersama Sekretaris Ikatan Wartawan Online (IWO) Benidiktus GP didampingi Ketua Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Kalbar, Kundori.

Ia menegaskan, sejumlah postingan akun FB seolah-olah menganggap pemberitaan media tidak kredibilitas. “Padahal pemberitaan kita berdasarkan sumber resmi,” tegasnya.

Seperti diketahui, Juru Bicara Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau, Henri Alpius, telah merilis update kondisi corona di Kabupaten Sekadau, Senin (25/5/2020) sore. Diketahui ketiga warga Kabupaten Sekadau positif Covid-19.

Sejumlah wartawan pun memberitakan rilis itu di media masing-masing, dan menyebarluaskannya di medsos. Namun beberapa akun FB justru menuding pemberitaan itu tidak benar.

Ia menegaskan, pengaduan yang mereka lakukan sebagai bentuk pembelajaran. Mereka berharap ada etikat baik dari pemilik akun-akun tersebut.

“Ini pembejalaran untuk kita semua agar berhati-hati dalam menggunakan medsos,” tegasnya.

Sementara itu saat dikonfrimasi terpisah, Plt Kadis Kesehatan PP dan KB, Henry Alpius menyatakan, bahwa data ketiga warga Sekadau positf terkonfirmasi virus Covid-19 sudah sangat valid.

“Data itu berdasarkan hasil pemeriksaan laboratorium,” ujar Henry.

Setelah memperoleh data tersebut, ia selaku Juru Bicara Gugus Tugas merilis kepada pekerja media sesuai aturan jurnalistik dalam konferensi pers, Senin (25/5/2020) sore. (TIM)

Bagaimana Menurut Anda