Melawan Saat Akan Ditangkap, Begal Ini Keok Juga Usai di Dor Tim Macan Komering

5090

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Karena berusaha melakukan perlawanan saat akan ditangkap polisi. Akurius alias Alius (23), pelaku begal yang ketika beraksi bersama komplotannya tak segan-segan melukai korban, terpaksa di dor pada kakinya dan kini meringkuk dibalik jeruji besi sel tahanan.

Pemuda asal Dusun Pulau Kabung Desa Jermun Kecamatan Pampangan Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan ini dibekuk sekira pukul 11.00 Wib di desanya oleh Tim Macan Komering Polsek Pampangan pimpinan AKP Salbih Mukarom, Selasa (4/2/2020) siang.

Kapolres OKI AKBP Donni Eka Syaputra melalui Kasubbag Humas AKP Iryansyah menjelaskan, pelaku ini dan rekannya AT (32) dan MJ (40), Kamis (30/1/2020) lalu sekira pukul 07.00 Wib, beraksi di jalan raya antara Desa Secondong Pampangan dengan base camp PT. PSM Secondong.

“Saat korban Burhan (57), warga Desa Secondong yang berboncengan dengan istrinya, Mina, melintas dihadang oleh ketiga pelaku. Ketika korban hentikan laju sepeda motornya, para pelaku langsung memukul korban menggunakan kayu secara membabi buta, sehingga korban terjatuh dari motornya,” ungkap dia.

Melihat korban terjatuh, kemudian para pelaku langsung mengambil sepeda motor milik korban dan melarikan sepeda motor tersebut ke arah Desa Jermun Pampangan OKI. Kata dia lagi, setelah para pelaku pergi, istri korban meminta pertolongan kepada masyarakat yang melintas, dan meminta pertolongan kepada keluarga.

“Akibat dari kejadian tersebut, korban Burhan mengalami luka pada bagian kepala, luka pada bagian pundak dan luka pada bagian tangan. Korban juga mengalami kerugian sepeda motor miliknya, dan saat ini korban dirawat di Rumah Sakit Charitas Palembang,” tandas dia.

Lalu hari ini, Selasa (4/2/2020) sekira pukul 10.00 Wib, lanjut dia, Tim Macan Komering Polsek Pampangan mendapatkan informasi bahwa salah satu pelaku begal atas nama Alius berada di rumahnya di Dusun Pulau Kabung Desa Jermun Pampangan OKI, dan melaporkan informasi tersebut kepada Kapolsek Pampangan.

“Selanjutnya, Tim Macan Komering Polsek Pampangan dipimpin Kapolsek Pampangan AKP Salbih Mukarom langsung bergerak menuju lokasi. Saat tiba sekira pukul 11.00 Wib, personel Tim Macan Komering melihat pelaku Alius di jalan timbunan belakang Dusun Pulau Kabung Desa Jermun,” ujar dia.

Lalu personel Tim Macan Komering Polsek Pampangan langsung berupaya melakukan penangkapan. Sambung dia, namun pelaku berupaya melakukan perlawanan sambil memegang senjata tajam, hingga dilakukan tindakan tegas dan terukur dengan cara melakukan penembakan terhadap pelaku, sehingga mengenai paha pelaku sebelah kiri.

“Setelah berhasil diamankan, selanjutnya pelaku dibawa ke Puskesmas Pampangan untuk dilakukan pengobatan, dan kemudian dibawa ke Mapolsek Pampangan untuk dilakukan pemeriksaan. Sedangkan dua orang pelaku lainnya sedang diburu agar segera dapat ditangkap,” pungkas dia.

“Untuk barang bukti yang diamankan berupa 1 unit sepeda motor Honda Beat warna biru putih nopol BG 4707 KAO atas nama Komar, dan 1 potong kayu warna coklat panjang kurang lebih 1 meter, alat yang digunakan para pelaku saat menganiaya korban Burhan,” pungkasnya. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda