Marinir Gelar Kejuaraan Karate

243

JAKARTA, BERITAANDA – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono, M.Tr. (Han) secara resmi membuka kejuaraan karate antar kolak (komando pelaksana) Korps Marinir, dalam rangka HUT Korps Marinir ke-74.

Kejuaraan tersebut digelar di Gedung Bapra (Balai Prajurit) Pangkalan Marinr Jakarta yang berada di Jalan Cilandak KKO Cilandak Jakarta Selatan, Kamis (9/1/2020).

“Diperlukan suatu langkah inovatif untuk mengembangkan sistem pembinaan dan pelatihan yang terprogram, fokus dan berkelanjutan untuk menambah pengalaman, kualitas dan prestasi dari atlet karateka Korps Marinir dengan meningkatkan frekuensi uji coba pertandingan try out atau dengan peningkatan partisipasi di berbagai ajang kejuaraan karate terbuka,” ujar Dankormar mengawali  sambutannya pada upacara pembukaan.

“Kejuaraan karate yang dilaksanakan ini merupakan salah satu kegiatan dari pembinaan satuan Korps Marinir yang sangat prestisius bagi para komandan dan satuannnya. Oleh karena itu, pembinaan karate tidak hanya menjadi tanggung jawab para atlet maupun pelatih di satuan tersebut, melainkan menjadi tanggung jawab para komandan satuan untuk membina dan memajukan olahraga karate,” jelas dia.

“Dukung dan bina atlet karate yang ada di satuan kalian, sehingga mereka memiliki motivasi dan semangat juang yang kuat dalam mengukir prestasi dan mengembalikan kejayaan karate Korps Marinir,” tegas Dankormar.

Komandan Korps Marinir menekankan, junjung tinggi nilai-nilai sportifitas dan esprit de corps dalam pertandingan, bersainglah secara jujur dan fair, serta tunjukan kemampuan maksimal.

“Jadikan sumpah karate sebagai pedoman dalam mematuhi segala aturan dan ketentuan pelaksanaan pertandingan serta hasil technical meeting yang sudah disepakati. Kepada para atlet dan suporter, pelihara dan jaga ketertiban serta hindari benturan dan prilaku yang bisa merusak nama baik satuan maupun Korps Marinir. Serta kepada panitia penyelenggara, laksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab secara profasional dan fair demi kelancaran dan suksesnya pertandingan,” tambah dia.

Dalam upacara pembukaan dilaksanakan laporan pelaksanaan oleh ketua panitia Kolonel Mar M. Sochfan, pengucapan janji atlet, sumpah wasit dan sumpah atlet yang diwakili oleh para atlet dan perwakilan wasit dihadapan komandan dan para pejabat utama Korps Marinir, serta terakhir penyerahan piala bergilir kepada ketua panitia dari komandan Korps Marinir.

Hadir pada upacara tersebut Danpasmar 1 Brigjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, M.Tr (Han), Danpasmar 2 Brijen TNI (Mar) Ipung Purwadi MM, Danpasmar 3 Brigjen TNI (Mar) Amir Faisol, S.Sos, pejabat utama Kormar dan pejabat utama Pasmar 1 serta para Dankolak Korps Marinir. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda