LVRI Hanya Akui PPM Tapsel Pimpinan Yofie: Di Luar Itu Kami Tidak Kenal

120
Ketua LVRI Tapsel Amat Selur dan pengurus LVRI diapit Ketua PPM Tapsel Yofie Affandi dan Ketua PPP Padangsidimpuan Habib Rahmansyah Nasution saat memberikan keterangan pers kepada wartawan.

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Tapanuli Selatan (Tapsel) menyatakan, Ketua Pemuda Panca Marga (PPM) kabupaten setempat yang sah/diakui di periode sekarang ialah Yofie Affandi.

“Karena itu, apabila ada oknum yang mengaku sebagai Ketua PPM Tapsel di luar Yofie, maka bisa dipastikan itu tidak kami kenal,” tegas Ketua LVRI Tapsel, Amat Selur, dalam siaran persnya kepada wartawan, Jumat (11/6).

Konferensi pers yang diadakan di kantor LVRI sekaligus Markas PPM Tapsel, Jalan Tanjung, Padangsidimpuan, ini turut dihadiri Sekretaris LVRI Tapsel Giman Susanto, Bendahara Legowo, Ketua PPM Padangsidimpuan Habib Rahmansyah, berikut sejumlah anggota PPM lainnya.

Ketua DPC LVRI Tapsel mengatakan, belakangan ini di daerah setempat ada oknum mengaku dan mengklaim PPM. Padahal, PPM yang sah mengacu pada Keputusan Presiden (Keppres) dan ada di bawah naungan LVRI.

“Persoalan pengklaiman PPM sudah kita sampaikan ke LVRI Sumatera Utara. Kemudian, diperoleh jawaban saat ini tengah terjadi dualisme kepemimpinan PPM di pusat hingga ke tingkat daerah kabupaten / kota,” jelas Amat.

Dualisme ini berawal dari dibekukannya kepemimpinan PPM Pusat Lulung Lunggana pada 20 Agustus 2019. Ini menyusul diterbitkannya Surat Keputusan No. SKEP-147/MBLV/XI08/2019, tentang pembekuan dimaksud.

Namun, oleh Lulung Lunggana kemudian mendaftarkan organisasi ke Kementerian Hukum dan HAM dan dengan tetap Pemuda Panca Marga sebagai nama yang diusung Sehingga, PPM yang dulu diketuainya seolah masih aktif.

“Seiring waktu PPM bentukan Lulung tadi pun mendirikan cabang hingga ke tingkat daerah. Hal ini yang kemudian menciptakan kerancuan di daerah. Apalagi, atribut yang mereka gunakan persis sama dengan PPM,” ujar Amat.

Meski secara atribut susah membedakan PPM (Keppres) dan PPM (Kemenkumham). Tetapi, disamping di bawah naungan LVRI dan Keluarga Besar TNI (KBT), PPM versi Keppres lazimnya bermarkas di kantor LVRI setempat.

Ketua Pimpinan Cabang (PC) PPM Tapsel, Yofie Affandi, di kesempatan itu menceritakan, belakangan ini banyak menerima pertanyaan dari sejumlah pihak (masyarakat) seputar pernyataan oknum mengaku-ngaku Ketua PPM.

“Dari penjelasan Ketua LVRI Tapsel tadi saya rasa sudah bisa menjawab seluruh pertanyaan tersebut. Jadi, jikalau ada oknum mengatasnamakan Ketua PPM di luar sana, kami pastikan itu bukan bagian dari kami,” tegas Yofie. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda