Lomba Karya Tulis Ilmiah di Tapsel Guna Gali Potensi Pelajar

397

TAPSEL-SUMUT, BERITAANDA – Pemkab Tapanuli Selatan (Tapsel) selenggarakan lomba karya tulis ilmiah untuk tingkat SMP dan SMA sederajat, dan dipusatkan di lapangan Sarasi II, Desa Aek Badak Jae, Kecamatan Sayurmatinggi, Rabu (20/11/2019) sore.

Lomba yang diinisiasi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPPTSP) Tapsel dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ini merupakan upaya untuk memfasilitasi aktualisasi kompetisi dan potensi keilmiahan para pelajar.

Kegiatan diharapkan dapat merangsang dan meningkatkan kemampuan pola pikir para pelajar agar berpikir secara ilmiah, kreatif, responsif, dan berinovasi, serta tanggap terhadap isu-isu penting dan strategis yang berkembang dalam kehidupan sehari-hari.

“Kegiatan ini sangat baik bagi pelajar, supaya mereka mampu mencurahkan dan menemukan kreatifitasnya untuk membuat segala sesuatu atau inovasi baru yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah,” ungkap Sekda Tapsel, Parulian Nasution, menyatakan apresiasinya.

Menurut sekda, lomba karya tulis Ilmiah adalah suatu aktivitas yang perlu terus dibudayakan secara rutin, selaku upaya membangun kecerdasan siswa di Tapsel. Orang yang bisa menulis, kata Parulian, adalah orang yang banyak membaca dan melatih diri sendiri.

“Para penulis mentransformasikan bahasa dan ide menjadi bahasa tulisan. Dan, orang seperti itu memiliki tingkat kecerdasan yang baik, karena mampu merencanakan masa depan, didorong kemauan yang cukup tinggi,” tuturnya.

Ditambahkan Parulian, pelajar Tapsel harus kompetitif dan kualitatif agar dapat memiliki berbagai kompetensi. Seperti halnya kompetensi intelektual, kompetensi emosional, kompetensi sosial, kompetensi spritual, dan juga kompetensi vokasional.

“Karenanya, kedepan lomba yang juga rangkaian dari hari jadi ke-69 Tapsel ini, diharap akan menjadi agenda tahunan. Sebab kegiatan ini mengarah kepada keilmuan, yang pada gilirannya merujuk pada mewujudkan visi misi Tapsel, yakni masyarakat yang cerdas,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, mewakili Bupati Tapsel, Sekda Parulian mengucapkan selamat sekaligus menyerahkan hadiah kepada para pemenang lomba karya tulis ilmiah, hasil seleksi tulisan terbaik dari 20 orang pelajar tingkat SMP, dan 29 orang tingkat SMA sederajat

Untuk tingkat SMP sederajat, deretan pemenangnya yakni, Hamzah Pasaribu dari SMPN 1 Marancar (juara 1), Iwan Sah Putra Gulo dari SMPN 4 Angkola Selatan (juara 2), Aswati Ruth Lantarida dari SMPN 2 Angkola Selatan (juara 3).

Kemudian untuk juara harapan 1 diraih oleh Hafizah Hayati dari SMP Swasta Muhammadiyah, juara harapan 2 Nursaripa dari SMPN 1 Marancar, dan juara harapan 3 diperoleh Laura Adinda Harahap dari SMPN 8 Satu Atap Sipirok.

Sedangkan untuk tingkat SMA sederajat, nominasinya ialah Habib Ade Maryoto dari Pondok Pesantren Darul Mursyid (juara 1), Meriyanti Laoli dari SMKN 1 Batang Toru (juara 2), dan Afsah Diminurman dari SMAN 1 Batang Angkola (sebagai juara 3).

Kemudian juara harapan 1 didapatkan oleh Ramadani Gultom dari MAN Tapsel, juara harapan 2 Lestiara Pohan dari SMAN Plus 2 Sipirok, dan juara harapan 3 diperoleh Ali Nafia Nasution dari SMK LMC Model Industri. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda