Listrik Sering Padam di Area Payaraman dan Rambang Kuang, Ini Penjelasan PLN Indralaya

1225
Grafik permasalahan seringnya terjadi listrik padam.

INDRALAYA-OI, BERITAANDA – Terkait sering terjadinya listrik padam di wilayah Kabupaten Ogan Ilir (OI), khususnya di wilayah Kecamatan Payaraman dan Rambang Kuang akhir-akhir ini. Pihak PLN Ranting Indralaya melalui pesan WhatsApp (WA) yang dikirim oleh Kepala Pelayanan Tekhnik (Yantek) Agus Ibnu sani kepada BERITAANDA menjelaskan, kalau kejadian tersebut lantaran gangguan pohon atau tanam tumbuh yang berada di bawah dan atas jaringan PLN.

“Mayoritas diakibatkan karena terjadinya gangguan pohon atau tanam tumbuh yang berada di bawah dan atas jaringan PLN. Selain itu juga memang kondisi jaringan yang menuju ke arah Kecamatan Rambang Kuang cukup panjang, yaitu 125 KM dari Kota Indralaya, sehingga membutuhkan waktu dalam penormalan atau penyalaan secara bertahap,” tulisnya dalam pesan tersebut, Senin (16/12/2019).

Untuk itulah, sambungnya, mereka meminta maaf atas terjadinya listrik padam itu, dan berupaya kedepan akan ekstra dalam memberikan kenyamanan terhadap pelanggan PLN.

“Secepatnya kami akan melakukan upaya peningkatan supply secara berkelanjutan dengan melakukan kegiatan bakti penyulang (pemotongan/pemampasan). Untuk itu kami mohon kepada masyarakat atau warga yang dilalui jaringan PLN agar dapat memperbolehkan rekan-rekan kami di lapangan, dalam rangka pemotongan atau pemampasan tanam tumbuh yang ada baik di bawah maupun di atas jaringan,” imbuhnya.

Lanjut Agus, adapun jarak aman jaringan listrik terhadap tanam tumbuh yakni minimal sekitar 2,5 meter. Selain itu mereka berharap agar dapat diterbitkan perda yang mengatur tentang radius tanam tumbuh terhadap jaringan PLN, sehingga tercipta supply listrik yang aman dan nyaman.

Sebelumnya, Kepala Desa Tanjung Bulan Kecamatan Rambang Kuang Ogan Ilir, Damsir, memposting di linimasa facebook-nya, yang mengeluhkan sering terjadinya listrik padam di daerah dua kecamatan itu. Dalam postingannya, dia meminta Kepala Ranting PLN Indralaya untuk dicopot apabila permasalahan itu tidak segera diatasi. (Adie)

Bagaimana Menurut Anda