Lalui Persaingan Ketat, 4 Siswa OKI Lolos Seleksi Paskibraka Tingkat Provinsi

442

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Setelah melalui tujuh tahapan proses seleksi yang ketat, empat (4) siswa kelas X asal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil lolos seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Sumatera Selatan.

Keempat siswa tersebut yakni Raka Satya Dwi Syarwani dan Gea Sepina dari SMAN 3 Unggulan Kayuagung, serta Muhammad Davin Al Rasya dan Nabila yang berasal dari MAN IC OKI.

Sebelumnya, keempat siswa itu juga lolos di tingkat kabupaten dengan nilai gemilang hingga dikirim mengikuti seleksi Paskibraka provinsi dan nasional untuk mewakili Kabupaten OKI. Dimana seleksi tersebut digelar di Hotel Swarna Dwipa Palembang mulai tanggal 18 sampai 22 Mei 2023.

Meski dalam persaingan ketat dan melelahkan belum berhasil lolos ke tingkat nasional, namun keempat siswa itu bisa menorehkan prestasi membanggakan bagi Kabupaten OKI.

H. Fahrul Rozi S. Sos MM selaku Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten OKI melalui Kabid Bina Ideologi Pancasila Wawasan Kebangsaan dan Karakter Bangsa pada Badan Kesbangpol OKI Amrizal SE saat dikonfirmasi di ruang kerjanya membenarkan capaian tersebut.

“Alhamdulillah, keempat orang siswa yang kita kirim mewakili Kabupaten OKI untuk mengikuti seleksi di Palembang, semua berhasil lolos Paskibraka tingkat provinsi,” Kata Amrizal kepada BERITAANDA, Rabu (24/5/2023).

Untuk proses tahapan seleksi pada tahun 2023 ini, kata dia, baik di tingkat kabupaten maupun provinsi dan nasional berbeda dari tahun sebelumnya, kini lebih ketat. Seleksi menggunakan aplikasi dan diawasi langsung oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Pusat Jakarta.

“Pada proses seleksi di Hotel Swarna Dwipa Palembang selama lima hari, keempat siswa yang kita kirim mewakili Kabupaten OKI itu mengikuti tujuh tahapan antara lain kesehatan, psikotes, TWK, TIU, PBB, kesamaptaan dan wawancara kepribadian langsung dari BPIP Pusat,” ungkap dia.

“Dan Alhamdulillah, patut disyukuri, meski belum lolos Paskibraka tingkat nasional, tetapi para siswa Paskibraka kita telah memberikan hal terbaik dan berhasil lolos tingkat Provinsi Sumsel. Ini sebuah prestasi membanggakan, empat siswa yang kita kirim lolos semuanya,” tambahnya.

Terpisah, Ketua PPI OKI Ihsanul Amri SH mengatakan, keberhasilan tersebut selain kegigihan keempat siswa itu, tentu juga tak lepas berkat kerja sama yang solid dengan OPD terkait, dalam hal ini Badan Kesbangpol Kabupaten OKI.

“Baru tahun ini kerja sama dengan Badan Kesbangpol, Alhamdulillah koordinasinya solid. Terkait belum berhasilnya calon Paskibraka kita pada tingkat nasional, ke depan akan menjadi evaluasi dan perbaikan. Namun berhasil di tingkat provinsi tentu torehan prestasi membanggakan,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda