KPU Padangsidimpuan Sosialisasikan Pemilu Lewat Alunan Musik

236
Ilustrasi.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – Guna menarik minat dan menambah wawasan generasi muda terkait penyelenggaraan pemilihan umum (pemilu), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Padangsidimpuan menyampaikan lewat gelaran konser musik, di Alaman Bolak, kota setempat, Kamis (28/3/2019).

Ketua KPU Padangsidimpuan melalui Divisi Perencanaan Data, Afwan Hasibuan mengatakan, penyampaian materi pemilu yang dikemas di sela-sela penampilan grup band ini adalah strategi sosialisasi pemilu, agar tingkat partisipatif memilih di kalangan anak muda terus merangkak naik.

“Acara ini masih merupakan bagian dari tahapan pemilu 2019, disamping telah dan terus dilakukannya kegiatan sosialisasi lainnya, baik kepada mahasiswa, pelajar, serta masyarakat umum lainnya,” ujarnya di acara konser musik bertajuk ‘Pemilih Berdaulat Negara Kuat’ itu.

Menurut Afwan, manifestasi dari ciri-ciri demokrasi adalah pemimpin sebuah negara itu ditentukan oleh rakyatnya sendiri. Sebab, dengan kepedulian serta keterlibatan dalam pemilu, maka rakyat telah menunjukkan peran sentralnya dalam menentukan nasib bangsa lima tahun kedepan.

Pantauan di lapangan, panitia konser musik yakni KPU tampak mengikutsertakan pelaku usaha mikro kecil menengah yang ada di Kota Padangsidimpuan, dalam hal penyediaan konsumsi bagi tamu, serta seluruh undangan.

Di tempat terpisah sehari sebelumnya, Komisioner KPU Padangsidimpuan Divisi Sosialisasi Pendidikan Partisipasi Masyarakat dan SDM, Nurhamidah Pulungan, kepada wartawan telah juga memaparkan rangkaian sosialisasi serta penyampaian informasi pemilu.

Dia menyebut, tercatat pihak KPU Kota Padangsidimpuan sudah cukup banyak melakukan beragam terobosan terkait sosialisasi pemilu. Diantaranya goes to campus, goes to school, pentas seni untuk pemilih pemula, serta sambangi rumah warga (door to door).

“Setiap hari para relawan demokrasi terjun langsung ke kantong-kantong pemilik suara. Dan dari seluruh kegiatan sosialisasi tersebut, tujuannya agar masyarakat Kota Padangsidimpuan tahu betul bagaimana tahapan-tahapan seputar pemilu,” tuturnya.

Dikesempatan itu, ia juga mengutarakan harapannya supaya seluruh warga Padangsidimpuan yang telah mempunyai hak pilih datang berbondong-bondong ke TPS masing-masing, ikut berpartisipasi demi suksesnya pemilu 17 April 2019. (Anwar)

Bagaimana Menurut Anda