KP2KP Sekadau Gencar Sosialisasi ke Kecamatan, Progres Pajak Meningkat Tajam

515
Pelayanan di kantor KP2KP Sekadau, Komplek Pasar Baru Jl.Panglima Naga Kecamatan Sekadau Hilir. (BERITAANDA)

SEKADAU-KALBAR, BERITAANDA – Kantor Pelayanan, Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Cabang Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sanggau di Sekadau gencar melaksankan penyuluhan ke kecamatan setiap bulan.

Sasaran penyuluhan tersebut ditujukan kepada bendahara badan usaha dan orang pribadi calon wajib pajak.

“Setiap bulan kita ke kecamatan penyuluhan,” ujar Yosi A.Md selaku Staf Pelaksana KP2KP Sekadau mewakili Kepala Kantor, Kamis (14/11/2019).

Kata dia, hasil yang mereka dapat juga memuaskan. Sampai dengan bulan November ini, Yosi mengklaim dari target pajak, pelaporan kepatuhan di Sekadau mencapai 67 persen dari target 70 persen.

Capaian progres ini dibagi menjadi dua objek pajak, yakni badan usaha sebesar 70 persen dan orang pribadi (NPWP) 65 persen.

“Capaian persentase berdasarkan progres perhari, dan setiap hari mengalami peningkatan jumlah orang dan badan usaha yang melaporkan pajak,” tambah Yosi.

Dijelaskan dia lagi, pemegang NPWP dan badan usaha di Kabupaten Sekadau sampai saat ini berkisar 9.286 orang.”Baik badan maupun pribadi sampai bulan Oktober 2019,” terang Yosi.

Meski demikian, pihaknya mengakui menemukan kendala, seperti tantangan infrastruktur untuk jemput bola di lapangan, dan juga kendala jaringan internet untuk pelaporan online SPT melalui e-filling kepatuhan pajak wajib pajak bagi warga di pedalaman.

Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Sanggau menargetkan perolehan pajak sebesar Rp1,008 triliun dari tiga kabupaten yang dibawahi, antara lain Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, dan Kabupaten Sekadau. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda