Khawatir Ganggu Perjalanan Wapres, Massa Demo di Palembang Bubarkan Diri Secara Tertib

44

PALEMBANG, BERITAANDA – Massa demonstrasi tolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) di  Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan Kapten A. Rivai Kota Palembang membubarkan diri secara tertib, usai diimbau personel Polda Sumsel, Rabu (7/9/2022).

Pantauan di simpang Jalan RK Charitas serta Gedung DPRD Sumsel sudah steril dari massa. Sejumlah polisi yang sempat menjaga lokasi juga berangsur meninggalkan lokasi.

Sebelumnya diketahui, terdapat sejumlah elemen masyarakat yang melakukan demo secara bergantian di gedung DPRD Sumsel hari ini untuk menolak kenaikan harga BBM, diantaranya dari massa buruh, BEM, serta aliansi mahasiswa yang ada di Sumsel.

Pada siang tadi, massa juga sempat membakar ban di lokasi demo. Massa terlihat berbaris di sekeliling ban yang dibakar sambil memegang poster dan spanduk menolak kenaikan harga BBM.

Saat dimintai keterangannya, Kapolda Sumsel Irjen. Pol. Drs Toni Harmanto MH melalui Kabid Humas Kombes Pol. Drs. Supriadi MM menjelaskan, menyampaikan aspirasi melalui demonstrasi itu dibenarkan undang-undang. Namun, Polri juga menjaga ketertiban dan keamanan masyarakat, apalagi jika menghalangi atau mengganggu kegiatan orang banyak.

“Kita membubarkan unjuk rasa karena mereka mengganggu ketertiban dengan bakar ban, serta dikhawatirkan mengganggu perjalanan Wapres Ma’ruf Amin yang berkunjung ke Kota Palembang. Alhamdulilah para peserta unjuk rasa membubarkan diri secara damai,” ucap Supriadi. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda