Ketua TP PKK Desa Riding Angkat Kerajinan Purun Jadi Komoditas Modern

437

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Seperti daerah lainnya, Desa Riding Kecamatan Pangkalan Lampam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) juga memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang perlu dikelola dengan baik, hingga dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Oleh karenanya, Ketua TP PKK Desa Riding, Imas Maslihah, mencoba mengangkat kembali SDA tersebut berupa purun menjadi komoditas yang modern, dengan melakukan inovasi dan pengkaderan pengrajin purun.

“Sudah sejak lama purun dijadikan sebagai tikar dan bakul, tetapi kali ini purun kita bentuk menjadi tas-tas modis, sajadah, tempat tisu, tempat perhiasan dan lain-lain,” kata Imas, Selasa (26/11/2019).

Selain purun, menurut Imas, akar nangka, rumbai, bebetot (eceng gondok) dan bambu juga tidak lepas dari perhatiannya bersama kader PKK lainnya, agar juga dapat dijadikan barang-barang yang menarik hingga bernilai ekonomis.

“Saat ini sudah ada tiga kelompok pengrajin, yaitu komunitas lansia, komunitas wali murid PAUD dan komunitas milenial, yang mana mereka mendapatkan pelatihan dari para pengrajin yang sudah lansia dan anggota pelatihan purun hasil binaan badan restorasi gambut (BRG),” ungkap Imas.

Dan Alhamdulillah, masih kata Imas, kemarin Kades Desa Riding mendapat kabar dari Tim APP Sinar Mas bahwa akan diadakan pelatihan women empowerment berupa program pemanfaatan sumber daya alam, sebagai respon baik mereka terhadap kerajinan di Desa Riding.

“Harapan kami, semoga komunitas purun dan kerajinan lainnya mendapatkan perhatian, binaan dari pemerintah daerah dan pusat, agar produk kerajinan kami dapat berkembang dan dipasarkan di seluruh Indonesia, bahkan sampai luar negeri,” tandas Imas. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda