Ketua Tim TP PKK Kecamatan se-Sintang Resmi Dilantik

205

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Asisten Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang Sy. Yasser Arafat menghadiri kegiatan pelantikan dan serah terima jabatan Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kecamatan se-Sintang yang dilantik langsung oleh Ketua TP PKK Kabupatne Sintang, Rosinta Askiman, di Balai Pegodai, rumah dinas jabatan Wakil Bupati Sintang, Kamis (9/1/2020).

Dalam sambutan Bupati Sintang yang dibacakan oleh Sy. Yasser Arafat, mengucapkan selamat kepada pengurus PKK Kecamatan yang baru.

“Saya ucapkan selamat dan sukses kepada para Ketua TP PKK Kecamatan se-Kabupaten Sintang. Dengan dilantiknya ini, harapan saya agar ibu-ibu dapat mengemban tugas yang dipercayakan dan dapat bekerja dengan optimal,” kata Yasser Arafat.

Menurut dia, bahwa di dalam program kerja pokok PKK itu ada 10 program. Dengan 10 program tersebut haruslah disesuaikan dengan situasi terkini.

“Kesepuluh program pokok PKK ini disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kemampuan yang ada, sehingga tidak ada paksaan melainkan menimbulkan kesadaran dalam membangun dirinya dan daerah,” ucap dia.

Sambung Yasser, bahwa dengan 10 program pokok PKK harus bisa menjawab tantangan bagaimana cara mengimplementasikannya.

“Kita harus paham bagaimana cara menerapkannya, agar dapat menjadi keluarga yang sejahtera. Hal ini diperlukan pemahaman, perencanaan yang matang, kepemimpinan yang efektif dan kompetensi para pengurus untuk menjadi syarat mutlak. Kalau sudah semuanya, maka keluarga sudah dapat mewujudkan tata kehidupan yang sejahterah dan harmonis,” sambung dia.

“Saya berharap pengurus TP PKK dapat bekerja lintas sektor. Artinya, tidak bekerja ego sektoral dan menutup diri, serta tidak mau bekerja dengan pihak lain. Sebab, keberhasilan pelaksanaan program-program kesejahteraan keluarga sangat ditentukan oleh adanya keterpaduan antara gerakan keswadayaan dan partisipasi masyarakat dengan bimbingan dan fasilitasi teknis dari berbagai OPD terkait. Pengurus TP PKK harus menjadi perekat antara fungsi-fungsi kemasyarakatan dan fungsi-fungsi pemerintahan,” pesan dia lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Rosinta Askiman mengatakan, bahwa peran PKK sangatlah penting dalam masalah pemberdayaan ekonomi keluarga.

“PKK merupakan gerakan yang muncul dari bawah dengan wanita sebagai penggeraknya, yang bertujuan untuk mewujudkan keluarga sejahtera, keluarga mampu menciptakan kesadaran keserasian dan keseimbangan,” kata Rosinta.

Rosinta Askiman meminta kepada para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru dilantik agar dapat meneruskan program serta visi misi PKK Kabupaten.

“Lanjutkan tugas untuk mewujudkan visi gerakan PKK, melaksanakan 10 program pokok PKK, fokus kepada program-program yang telah ditetapkan sebagai upaya memajukan organisasi yang dinaungi, serta dapat melaksanakan program kerja dengan baik,” pintanya.

Selain itu juga, Rosinta Askiman berharap dengan dilantiknya Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru ini dapat membaur bersama masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Ketua PKK yang baru dapat menjadikan dirinya dan anggota selalu hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberikan amal baktinya, dan berupaya mendorong peran aktif kader-kadernya dalam membantu pemerintah daerah memberdayakan masyarakat serta memajukan daerah,” pungkas dia. (Arni)

Bagaimana Menurut Anda