Kepulauan Nias Gelar Event Nasional, Kota Gunungsitoli Dipercaya Laksanakan 2 Kegiatan

242

GUNUNGSITOLI-SUMUT, BERITAANDA – Pemerintah Kota (Pemkot) Gunungsitoli melaksanakan buka puasa bersama (bukber) dengan masyarakat setempat, dilaksanakan di halaman Masjid Raya Al-Furqon Kota Gunungsitoli, Selasa (28/5/2019).

Acara bukber pemerintah ini diprakarsai oleh tim pelaksana yang tergabung dalam Panitia Hari-hari Besar Islam( PHBI) Kota Gunungsitoli, dihadiri langsung oleh Walikota Gunungsitoli bersama Unsur Forkopimda Kota Gunungsitoli, Wakil Walikota Gunungsitoli, Sekda Kota Gunungsitoli, Ketua TP.PKK dan Wakil Ketua TP.PKK Kota Gunungsitoli, Ketua Bhayangkari Polres Nias, para Kepala Perangkat Daerah Kota Gunungsitoli, MUI Kota Gunungsitoli, pimpinan instansi vertikal Kota Gunungsitoli, para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh perempuan, pimpinan ormas dan segenap undangan lainnya.

Ketua koordinator tim, Makmur Polem menyampaikan, kegiatan ini digelar dalam rangka memaknai bulan suci Ramadhan, yang mana ini telah memasuki hari-hari terakhir Ramadhan. Kemudian meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT, serta yang paling penting yakni mempererat silaturahmi dan menciptakan kerukunan, kedamaian, persatuan dan kesatuan serta penuh rasa kekeluargaan, baik dengan sesama kaum muslimin warga Kota Gunungsitoli maupun dengan pemerintah. Sebaimana yang tercantum dalam visi dan misi Pemerintah Kota Gunungsitoli, yaitu meningkatkan kehidupan masyarakat yang religius, berbudaya dan taat hukum.

Makmur juga menyampaikan, selama bulan suci Ramadhan 1440 Hijriah ini, pemerintah melalui PHBI telah melaksanakan kunjungan safari Ramadhan di 10 masjid se-Kota Gunungsitoli, sebagai upaya menciptakan hubungan kekeluargaan dengan masyarakat.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada walikota dan wakil walikota atas dukungannya dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan di Gunungsitoli,” ungkapnya.

Mewakili BKM Al-Furqon Kota Gunungsitoli, Wilman Harefa, S.Pd.I dalam sambutannya menyampaikan apresiasi yang tinggi dan sangat terharu atas kepercayaan dari Pemerintah Kota Gunungsitoli untuk melaksanakan kegiatan akbar ini di Masjid Raya Al-Furqon Kota Gunungsitoli, dalam rangka mempersatukan, mempererat ukhuwah, dan silaturahmi yang dijalin pemerintah dengan masyarakat di Kota Gunungsitoli.

“Kita berharap agar silaturahmi dan kekeluargaan yang telah tercipta serta terawat ini hendaknya akan terus berkelanjutan di masa yang akan datang,” ujarnya.

Walikota Gunungsitoli dalam sambutannya menyampaikan rasa kegembiraannya dapat bertemu, bercengkerama, dan berbuka puasa bersama-sama dengan masyarakat di bulan yang indah ini.

Beliau menuturkan bahwa pemerintah senantiasa mendukung kegiatan yang bersifat amal ibadah seperti ini, sehingga dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaan, menciptakan kerukunan, kedamaian dan cinta kasih di tengah-tengah masyarakat Kota Gunungsitoli, terlebih dalam bulan yang penuh berkah ini.

Untuk itu, walikota menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap merawat ukhuwah tersebut, dan menciptakan suasana kondusif, bersikap bijak, dan tidak terprovokasi oleh hal-hal yang tidak baik. Serta mengajak masyarakat untuk turut mendukung program pemerintah untuk mewujudkan NKRI yang lebih baik lagi.

Walikota juga mengingatkan bahwa pada bulan September 2019 nanti, Kepulauan Nias akan menggelar sebuah event nasional, ajang wisata bahari Sail Nias 2019. Dan Kota Gunungsitoli dipercayakan melaksanakan 2 (dua) kegiatan di ajang tersebut, yakni seminar serta festival kopi dan kuliner.

“Untuk itu saya sangat mengharapkan agar jenis kuliner maupun kopi yang disajikan dalam ajang festival nantinya adalah benar-benar produk khas Nias,” kata dia.

“Sebagaimana direncanakan bahwa festival ini nantinya akan diadakan di Taman Yaahowu Kota Gunungsitoli, untuk itu saya sangat mengharapkan bantuan dan dukungan masyarakat dalam penataan kawasan itu, serta memohon maaf jika penataan kawasan tersebut mengganggu kenyamanan saudara-saudara. Namun kita (pemerintah) hanya bertekad dan berkeinginan untuk memperindah Kota Gunungsitoli yang sangat kita cintai ini,” ujar walikota menutup arahannya.

Acara berlangsung khidmat, yang diisi dengan taushiyah Ramadhan oleh Ustadz Irwansyah Gulo, S.Sos.I yang membahas tentang menjaga dan mempererat tali silaturahim. Dalam kesempatan ini juga, PHBI menyediakan bingkisan Ramadhan kepada BKM Al-Furqon yang diserahkan langsung oleh Walikota Gunungsitoli. (Ganda)

Bagaimana Menurut Anda