Kegiatan Vertikultur Digelar Fakultas Pertanian USU di Pematang Ganjang

223

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Kegiatan vertikultur (budidaya tanaman) kembali digelar oleh para mahasiswa pertanian dari Universitas Sumatera Utara (USU) di Desa Pematang Ganjang Kecamatan Sei Rampah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Kamis (25/7/2019).

Tengku Muhammad Idrus, salah seorang mahasiswa Fakultas Pertanian menjelaskan, bahwa vertikultur ini adalah suatu teknik bercocok tanam di ruang sempit dengan memanfaatkan bidang vertikal sebagai tempat bercocok tanam yang dilakuan secara bertingkat.

“Umumnya vertikultur dilakukan menggunakan bangunan atau model wadah tertentu untuk penanaman, tergantung kondisi tempat dan keinginan setiap orang,” katanya.

Dalam vertikultur ini, dapat memanfaatkan barang-barang bekas seperti kaleng bekas, gelas bekas air mineral, karung bekas beras dan lain-lain yang tidak dapat terurai oleh mikrorganisme. “Sehingga kita mampu berperan aktif untuk meningkatkan nilai tambah barang bekas serta mengurangi pencemaran lingkungan oleh penumpukan sampah-sampah,” ujar dia.

Tengku Idrus juga menambahkan, vertikultural bisa memanfaatkan lahan yang sempit secara optimal, perawatan lebih mudah dan simple, pertumbuhan lebih cepat bila perawatan dilakukan tepat, pemanenan cukup mudah, dan tidak menguras energi banyak, pemupukan juga lebih hemat dan irit.

“Budidaya tanaman sayuran secara vertikultur dengan memanfaatkan sumber daya alam sekitar sangat baik, terlebih di desa ini masih banyak hal-hal yang bisa dimanfaatkan sebagai bahan dalam pembuatan vertikutur,” pungkas dia. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda