Kedapatan Pakai Sabu di Baradatu, 2 Pria Diringkus Satnarkoba Polres Way Kanan

489

WAY KANAN-LAMPUNG, BERITAANDA – Satnarkoba Polres Way Kanan berhasil mengamankan pelaku penyalahgunaan narkotika yang diduga jenis sabu di Kelurahan Taman Asri dan Kampung Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, Ahd (26/1/2020).

Tersangka berinisial SAM (41) warga Kelurahan Taman Asri Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan dan RH (34) warga Kampung Sidoarjo Kecamatan Blambangan Umpu Kabupaten Way Kanan.

Kapolres Way Kanan AKBP Andy Siswantoro melalui Kasatnarkoba AKP I Made Indra Wijaya menjelaskan, pengungkapan kasus ini berawal dari informasi masyarakat pada hari Jumat (24/1/2020) lalu bahwa sering terjadi penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Kelurahan Taman Asri Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.

Satnarkoba Polres Way Kanan yang mendapatkan informasi tersebut langsung melakukan penyelidikan menuju ke lokasi.

Jumat (24/1/2020) sekitar pukul 21.00 Wib, petugas berhasil mengamankan seorang laki-laki berinisial SAM saat akan memasuki sebuah gang jalan di Kelurahan Taman Asri Baradatu.

Hasil penggeledahan badan ditemukan barang bukti di dalam dompet pada kantong celana belakang sebelah kanan berupa satu bungkus plastik klip bening ukuran kecil berisikan kristal putih diduga narkotika jenis sabu.

Berdasarkan keterangan SAM, barang bukti diduga narkotika jenis sabu itu diperoleh dari seseorang berinisial MT di Kampung Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan, dan selanjutnya dilakukan pengembangan.

Di tempat terpisah, berdasarkan pengembangan dari penangkapan sebelumnya, petugas gabungan dari Satresnarkoba, Satreskrim dan Sabhara Polres Way Kanan langsung melakukan penyelidikan sekitar pukul 23.00 Wib, di Kampung Tiuh Balak Kecamatan Baradatu Kabupaten Way Kanan.

Setiba di lokasi, petugas gabungan melakukan penyergapan dan hasilnya berhasil mengamankan seorang laki-laki berinisial RH saat berada di belakang rumah MT dengan barang bukti berupa satu bungkus plastik klip bening ukuran kecil berisikan kristal putih diduga narkotika jenis sabu dan seperangkat alat hisap (bong).

Tak hanya itu, petugas juga menemukan 4 buah alat hisap (bong), 1 buah kotak hitam, 15 batang pipet plastik, 5 batang kaca pirek, 6 batang jarum bakar dan 2 pipet plastik yang berbentuk secop saat penggeledahan di dalam rumah MT.

Oleh petugas, kemudian pelaku beserta barang bukti dibawa ke Polres Way Kanan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

AKP I Made menyampaikan, atas perbuatannya pelaku dapat dijerat dengan Pasal 112 Ayat (1) UU RI Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman pidana penjara paling singkat 4 tahun paling lama 12 tahun. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda