Kaya Rempah dan Dimasak Sendiri oleh Tangan Mbok Dal

903

PALEMBANG, BERITAANDA – Pindang sebagai salah satu makanan khas di Sumatera Selatan, sangat mudah ditemui, baik di rumah makan pinggir jalan maupun restoran.

Salah satu pindang yang mudah ditemukan yakni pindang pegagan asli khas daerah Ogan Ilir. Hanya saja banyak jenis pindang dengan nama ini. Salah satunya rumah pindang Mbok Dal yang berlokasi di perumahan atlet top depan pasar induk Jakabaring.

Hj Dalilah, sang pemilik memastikan pindang pegagan yang dibuatnya asli khas Ogan Ilir, dan boleh dibandingkan dengan pindang serupa. Rupanya rahasianya terletak pada bumbu yang digunakan.

Ibu lima anak itu mengatakan, jangan pelit pada bumbu jika ingin membuat masakan enak.

“Tidak peduli harga bawang atau bumbu lainnya mahal, yang penting bumbunya harus berlimpah,” ujarnya.

Selain itu, kakak perempuan Tantowi Yahya itu mengaku memasak semua masakannya sendiri untuk menjaga cita rasa asli masakannya agar tidak berubah. Bahan, masakan yang akan dimasak juga harus segar karena berpengaruh pada cita rasa masakan yang akan dihasilkan nantinya.

Rumah pindang ini baru dibuka Dalilah sejak enam bulan lalu, namun peminatnya sudah banyak. Menempati rumahnya sendiri berlantai dua disulap menjadi rumah makan yang nyaman.

Tersedia tempat makan indoor dan outdoor, juga lesehan yang bisa dipilih pelanggan untuk bersantap. Beragam pindang dihadirkan di rumah pindang ini, mulai dari pindang patin, pindang sale, pindang tulang, pindang udang, ikan bakar, pepes ikan, bersengkes ikan tempoyak dan menu lainnya.

“Soal harga jangan takut mahal, meski tempatnya bintang lima tapi harganya kaki lima,” ujar wanita berhijab itu. (Febri)

Bagaimana Menurut Anda