Kapolsek Cengal Bersama Anggota Patroli Sambang Dialogis ke Pasar Kalangan

84

OGAN KOMERING ILIR, BERITAANDA – Dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas di wilayah Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), berbagai upaya pun dilakukan oleh Polsek setempat. Seperti dilaksanakan hari ini, Kamis (2/11/2023).

Mulai sekira pukul 10.00 WIB, Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana SH bersama anggota Bhabinkamtibmas dan Unit Samapta melaksanakan kegiatan patroli sambang dialogis (pantas) ke Pasar Kalangan Desa Cengal.

“Pantas merupakan salah satu program kita, terkhusus digelar pada hari Kamis yang kebetulan jadwal beroperasinya kalangan (pasar mingguan) disana,” kata Kapolsek Cengal IPTU Chandra Kirana.

Karena banyak masyarakat dari berbagai desa yang jauh atau pelosok datang untuk berbelanja dan juga banyak berjualan, kata dia lagi, jadi pihaknya melakukan patroli dan memberikan imbauan, terutama bagi para pedagang toko emas atau penjual emas perhiasan.

“Agar selalu waspada dalam bertransaksi dan aktivitas lainnya, serta disarankan memasang CCTV. Jika ada hal – hal yang mencurigakan segera menghubungi nomor bantuan polisi, atau Bhabinkamtibmas dan Polisi RW,” tandas dia.

Di Lokasi, dirinya juga mengimbau para pedagang agar berhati-hati jika menerima atau membeli barang perhiasan berupa emas yang tidak ada surat atau asal usul yang kurang jelas, karena bisa terkait dengan tindak pidana penadahan.

“Apalagi baru – baru ini telah terjadi kasus pencurian dengan kekerasan terhadap toko emas di wilayah Sumsel. Selain toko emas, kita juga menyambangi dan mengimbau para agen Brilink di Pasar Cengal tersebut,” imbuh dia.

Harapan kita, lanjut dia, dengan dilakukan kegiatan rutin ini dapat menekan atau juga menghilangkan niat dan kesempatan bagi pelaku untuk berbuat jahat, sehingga dapat menimbulkan gangguan kamtibmas di wilayah hukum Polsek Cengal.

“Pada giat tadi, ada 5 toko emas yang kita sambangi, yaitu Toko Emas Levi, Toko Emas Mika Budi, Toko Emas Mega, Toko Emas Lira Bintang dan Toko Emas Al – Gathan. Untuk Agen BRIlink, ada 3 yakni BRILink, Niskaliani, Endar dan Wanda OBB,” pungkas dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda