Kapolres Bidik Nama Beken Pemain Narkoba Sidimpuan

1265
Kapolres Padangsidimpuan AKBP Dwi Prasetyo Wibowo didampingi Kabag Ops Kompol S. Silitonga, dan Kasi Humas AKP Maria Marpaung saat mengungkapkan atensinya terhadap upaya pemberantasan peredaran narkoba di wilayah hukumnya.

PADANGSIDIMPUAN-SUMUT, BERITAANDA – AKBP Dwi Priyatno Wibowo mengutarakan, sebulan lebih menjabat sebagai Kapolres, sudah ketahui siapa saja nama-nama beken (big boss) pemain narkoba di Padangsidimpuan.

“Banyak dari mereka berkamuflase dengan cara berpura-pura berjiwa sosial tinggi atau suka membantu sesama, demi untuk meyembunyikan kedok aslinya,” ujar Kapolres di sela tatap muka dengan wartawan, Rabu (22/6) pagi.

Sebagiannya lagi, imbuh mantan Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Utara tersebut, ada yang bukan sebagai pemakai tetapi aktif sebagai jaringan pemasok narkoba dalam jumlah yang tidak sedikit dan itu terus menerus.

“Dalam sebulan ini sudah 20 orang pelaku narkoba kita sikat. Akan tetapi fokus kita dikualitas, bukan kuantitas. Artinya, yang kita bidik itu adalah bandar besarnya tidak hanya terputus di kurir ataupun pengguna saja,” ujarnya.

Kapolres mengungkapkan, dalam pengungkapan kasus narkoba akan menerapkan dua konsep. Yakni, ia sendiri akan mencermati perilaku anggota di internal, dan tim yang dia tugaskan mengawasi pergerakan di lapangan.

“Tak hanya oknum masyarakat, oknum aparat sekalipun apabila terindikasi terlibat apalagi sampai membekengi peredaran narkoba akan saya sikat. Tak ada istilah tajam ke luar tetapi tapi tumpul ke dalam bagi saya,” tegasnya.

Di berbagai kesempatan, Kapolres selalu mewanti-wanti semua perwira maupun anggotanya agar jangan sesekali ikut serta di dalam permainan narkoba, Sebab tidak akan segan melakukan tindakan sesuai aturan yang berlaku.

“Mungkin banyak pihak yang merasa pesimis atas upaya pemberantasan narkoba tercapai secara tuntas. Namun, selama menjabat sebagai Kapolres, itu menjadi prioritas program kerja yang akan saya lakukan,” tandas Kapolres.

Ia pun mempersilahkan masyarakat yang menilai apakah komitmennya tersebut benar-benar akan direalisasi atau hanya jargon semata, Sebab menurutnya, ia sendiri tidak punya kapasitas atas itu dan waktu juga yang menjawab.

“Pun demikian, yang ingin saya tekankan jangan sampai kita pesimis. Dengan niat tulus untuk tujuan baik, tidak ada yang mustahil. Bismillah saja dulu,” tekan Kapolres.

Ia menambahkan, sejauh ini upaya pemberantasan yang dilakukan melalui kegiatan gerebek kampung narkoba di berbagai titik di Kota Padangsidimpuan kerap mendapat dukungan dan apresiasi dari banyak lapisan masyarakat.

“Semangat itu menjadi motivasi dan dorongan bagi kami bagaimana agar Kota Padangsidimpuan yang kita cintai ini benar-benar bersih dari narkoba. Mari bahu membahu mewujudkan cita-cita mulia itu,” tutup Kapolres. [Anwar]

Bagaimana Menurut Anda