Kampung Sehat Kadafi, Gagasan Mahasiswa Kebidanan Universitas Malahayati

735

BANDAR LAMPUNG, BERITAANDA – Bertempat di Desa Kalirejo Kecamatan Negeri Katon Kabupaten Pesawaran, 84 mahasiswi D IV Kebidananan Universitas Malahayati melaksanakan praktek komunitas yang berlangsung dari tanggal 21 Januari hingga 1 Maret 2019.

Pelaksanaan praktek komunitas diisi dengan beragam kegiatan, mulai dari mempraktekkan langsung kepada masyarakat tentang ilmu kebidanan yang selama ini dipelajari, sampai membuat contoh desa sehat yang diberi nama Desa Sehat Kadafi, yang merupakan nama dari rektor mereka.

Selain penguasaan ilmu secara akademik di bangku kuliah yang selama ini diajarkan oleh para dosen, pengalaman empirik di lapangan serta memahami kearifan lokal, adalah kunci kesuksesan bidan ketika telah menyatu dengan masyarakat.

Hal tersebut disampaikan oleh Dr.H. Muhammad Kadafi, SH MH yang merupakan Rektor Universitas Malahayati saat menyampaikan sambutan pada penarikan kembali 84 mahasiswi kebidanan Universitas Malahayati di Desa Kalirejo, Kecamatan Negeri Katon, Kabupaten Pesawaran, Rabu (27/2/2019).

“Kedepan persaingan semakin berat, kita akan menghadapi bonus demografi tahun 2025-2035, persaingan semakin kompetitif. Oleh karenanya kita harus terus mengasah kemampuan kita, baik secara akademik maupun lapangan,” ujar rektor berwajah tampan ini.

Hadir dalam acara tersebut Camat Negeri Katon Rohayat, S. STP M.IP, Kepala Puskesmas Kalirejo dr. Harmaina, Kepala Desa Kalirejo Sarwo Edy, Kepala Desa Karang Rejo Abdul Mutholib, Kaprodi D IV Kebidanan Dainty Maternity, SSY, M.Keb.

Usai acara penutupan yang dilaksanakan di balai Desa Kalirejo, dilanjutkan dengan peninjauan Kampung Sehat Kadafi, yakni contoh kampung sehat yang digagas oleh para mahasiswi kebidanan Universitas Malahayati yang sedang melakukan praktek komunitas. (Katrine)

Bagaimana Menurut Anda