Kadis LH Sergai Mengaku Tidak Temukan Limbah PT. Aquafarm

294

SERGAI-SUMUT, BERITAANDA – Terkait pemberitaan di berbagai media terkait limbah PT. Aquafarm di Desa Naga Kisar Kecamatan Pantai Cermin Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai), Dinas Lingkungan Hidup (LH) setempat menyebutkan bahwa tidak ditemukan limbah sampah di seputaran yang dimaksud.

Kasi Penegak Hukum Dinas LH Sergai Mulya Hadi mengatakan, bahwa kami sudah memantau dengan menggunakan drone untuk melihat langsung limbah sampah tersebut. Namun tidak menemukan di seputaran lokasi yang dicemari limbah itu.

Lanjut dia, limbah sampah PT. Aquafarm kami ketahui setelah adanya pemberitaan di beberapa media.

“Munculnya pemberitaan terkait limbah sampah PT. Aquafarm, Gakum dan Kanwil Kementerian LH Medan mempertanyakan hal itu ke Dinas LH Serdang Bedagai. Kita gak bisa jawab, karena tidak menemukan di lokasi tersebut,” tegas Mulya Hadi.

Terkait dugaan pelanggaran UU lingkungan hidup, kata Mulya Hadi lagi, ahli hukum akan memproses apabila terjadi pelanggaran kerusakan atau pencemaran lingkungan. Maka, Dinas LH akan memberikan teguran untuk dilakukan perbaikan serta diberikan sanksi adminstrasi.

“Dan apabila tetap tidak dihiraukan, maka akan diberi sanksi perdata,” tutup Mulya Hadi.

Kadis Lingkungan Hidup P. Tambunan memaparkan bawa para wartawan terkesan menjatuhkan PT. Aquafarm terkait masalah limbah sampah yang sempat muncul di beberapa media itu. Menurutnya lagi, PT. Aquafarm merupakan aset kita dan banyak menampung tenaga kerja asal Serdang Bedagai.

“PT Aquafarm aset kita itu, mereka menampung ribuan tenaga kerja asal Serdang Bedagai,” katanya.

Kepala dinas sebelumnya sudah pernah melakukan pertemuan dengan PT. Aquafarm di salah satu hotel di Jalan Imam Bonjol, Medan.

“Pertemuan di hotel tersebut bukan membahas masalah limbah, tapi undangan DLH Provinsi Sumut tentang mergernya PT. Aquafarm,” kata dia.

Tambunan kembali mengatakan, menanggapi pemberitaan di beberapa media tentang sampah PT. Aquafarm yang meresahkan warga, pihaknya sudah mendatangi lokasi yang disebutkan.

“Saat kami sampai ke lokasi, mereka sudah membersihkan sampah. Jadi kami tidak temukan sampah di lokasi tersebut,” pungkas Tambunan. (Dipa)

Bagaimana Menurut Anda