Kabupaten OKI Kembali Raih Penghargaan IRSA 2019

249

KAYUAGUNG-OKI, BERITAANDA – Untuk ketujuh kalinya Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) dapat penghargaan Indonesia Road Safety Award (IRSA) 2019, sebuah program yang digagas oleh ADIRA Insurance bekerjasama dengan Majalah SWA untuk meningkatkan kesadaran dan penerapan sistem keselamatan di jalan raya.

Penghargaan ini diberikan kepada kota dan kabupaten terbaik dalam hal penerapan tata kelola keselamatan jalan. Sejak digelar pertama kali pada tahun 2013 lalu, peserta yang mendaftar dalam ajang ini terus mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) OKI Antonio Ramadhon didampingi Kabid LLAJ Rayendra Abadi bersyukur, Kabupaten OKI masih dapat mempertahankan penghargaan tersebut.

“Peserta yang mendaftar berjumlah 180 kabupaten/kota dari seluruh wilayah di Indonesia. Yang lulus seleksi dan menjadi finalis IRSA 2019 hanya 23 kabupaten/kota,” ungkap dia, Senin (23/12/2019).

Penilaian dibagi ke dalam beberapa kriteria berdasarkan keselamatan jalan, kata dia lagi, seperti jumlah penduduk, luas wilayah, jumlah kecelakaan, jumlah fatalitas kecelakaan, dan data pendukung lainnya.

Dikatakan dia juga, dan Kabupaten OKI sendiri menjadi salah satu finalis pada kategori kabupaten dengan kepadatan penduduk rendah.

“Terdapat 4 finalis pada kategori kabupaten dengan kepadatan penduduk rendah yaitu, Kabupaten OKI, Banyuasin, Musi Banyuasin, dan Landak. Dimana 3 kabupaten mewakili Provinsi Sumatera Selatan,” jelas dia

Dalam kriteria penilaian yaitu dilihat dari 5 pilar keselamatan jalan, masih kata dia, antara lain manajemen keselamatan jalan, jalan yang berkeselamatan, dan kendaraan yang berkeselamatan.

“Kemudian perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan, dan terakhir penanganan pra serta pasca kecelakaan,” jelas dia.

Yang menjadi tim juri IRSA merupakan pakar dalam bidang keselamatan jalan yang mewakili 5 pilar keselamatan jalan. Lanjut dia, juri yang memberikan penilaian ini memang berkompeten di bidangnya berasal dari kementerian terkait serta pakar keselamatan jalan lainnya.

Sambung dia, untuk tahun 2019 ini Kabupaten OKI berhasil mendapatkan penghargaan IRSA namun tetap mendapatkan beberapa catatan yang harus dicapai untuk ke depannya.

“Meski penghargaan kita sabet, tapi kita tetap menerima catatan dimana nantinya catatan itu sebagai acuan agar lebih meningkatkan lagi koordinasi kelima pilar yang jadi penilaian untuk menurunkan tingkat kecelakaan di OKI,” terang dia.

Dilanjutkan dia lagi, semangat dari program IRSA menerapkan pilar-pilar road safety di lingkungan Pemerintahan Kabupaten OKI, dan berkomitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Sejauh ini kita sudah berkomitmen memberikan pelayanan yang baik bagi masyarakat, apalagi kaitannya dengan keselamatan di jalan raya. Fasilitas kita lengkapi, mulai rambu, infrastruktur, dan kelengkapan lainnya. Ini agar masyarakat kita nyaman saat berkendara, aktivitas lancar, kecelakaan bisa dihindari,” tutup dia. (Iwan)

Bagaimana Menurut Anda