Jutaan Ponsel Resmi tak Bisa Pakai Whatsapp

258

SERBA-SERBI, BERITAANDA – Jutaan ponsel seluruh dunia tak bisa lagi menggunakan aplikasi WhatsApp. Aplikasi bertukar pesan milik Facebook itu menghentikan layanan untuk ponsel yang telah ketinggalan zaman.

Menurut FAQ online di situs web resminya, WhatsApp hanya mendukung iPhone yang menjalankan iOS 9 atau lebih baru, ponsel pintar Android yang menjalankan versi 4.0.3 atau yang lebih baru, dan ponsel tertentu yang ditenagai oleh KaiOS 2.5.1 atau lebih baru, termasuk JioPhone dan JioPhone 2.

WhatsApp mengatakan bahwa pemilik ponsel cerdas di Android versi 2.3.7 atau yang lebih lama dan iOS 8 atau yang lebih lama hanya akan dapat menggunakan layanan hingga 1 Februari. Artinya, jutaan ponsel tak lagi bisa menggunakan WhatsApp.

Angka jutaan itu bisa diketahui dengan mengacu pada data distribusi dashboard Google. Data yang terakhir diperbarui pada Mei 2019 itu menunjukkan bahwa 0,3 persen dari 2,5 miliar ponsel pintar (sekitar 75 juta ponsel) di seluruh dunia masih menggunakan Gingerbread 2.3.7 atau sebelumnya. Namun untuk ponsel Apple tidak diketahui berapa banyak pemilik iPhone yang masih menggunakan iOS 8 atau sebelumnya.

Melansir Digital Trends, solusi sederhana dari kebijakan WhatsApp ini adalah meng-upgrade sistem operasi masing-masing. Selain akan mengaktifkan kembali WhatsApp, langkah ini juga akan meningkatkan keamanan ponsel dan penambahan fitur.

Sayangnya, bagi pengguna ponsel yang sangat kuno, meningkatkan sistem operasi sudah tak lagi bisa dilakukan. Misalnya, iPhone 4s tidak lagi kompatibel untuk versi di luar iOS 7. Dalam hal ini, orang-orang yang terkena dampak hanya punya satu pilihan, yakni membeli ponsel baru yang sistem operasinya masih mendukung WhatsApp.

“WhatsApp jelas tidak punya pilihan selain memastikan layanannya tetap aman. Namun, ia menghadapi efek samping yang sulit bahwa aplikasi tersebut tidak lagi kompatibel dengan ponsel pintar yang lebih tua,” kata analis CCS Insight, Ben Wood kepada BBC mengomentari langkah tersebut.

Menurut Store Intelligence Data Digest dari Sensor Tower, WhatsApp adalah aplikasi yang paling banyak diunduh pada tahun 2019. Jumlahnya mencapai 850 juta. Di posisi kedua ada TikTok dengan 700 juta unduhan. (*)

Sumber: republika.co.id

Bagaimana Menurut Anda