Jarot Hadiri Deklarasi ODF di Desa Limbur Bernaung Lestari

254

SINTANG-KALBAR, BERITAANDA – Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH melakukan kunjugan kerja selama dua hari di Kecamatan Serawai, yakni dari 24-25 Februari 2019.

Setibanya Sabtu (23/2/2019) sore di Serawai ,Bupati Sintang bersama rombongan yang terdiri dari anggoat DPRD Provinsi Kalbar Suyanto Tanjung dan Luthfi Hadi, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Sintang Sandan, sejumlah unsur OPD Kabupaten Sintang langsung bertolak ke Desa Limbur Bernaung Lestari menggunakan speadboat dengan menyusuri Sungai Melawi, kemudian melewati Sungai Demu yang cukup deras untuk menghadiri deklarasi Open Defecation Free (ODF) di Gedung Serbaguna Desa Limbur Bernaung lestari, dirangkaian dengan peresmian Puskesmas Pembantu (PUSTU) Dusun Balai Sekabung, Desa Limbur Bernaung Lestari.

Jarot pun mengaku turut berbahagia bisa hadir langsung di Desa Limbur Bernaung Lesatrai ini untuk hadir dalam kegiatan deklarasi Open Defecation Free atau stop buang air sembarangan.

“Mulai hari ini kita deklarasi di Limbur Bernaung Lestari tidak ada lagi satu orang pun yang buang air kecil dan besar sembarangan. Karena kita sekarangkan sudah punya WC masing-masing di rumah. Kalau dulu kita kan saja kemih di kebun atau dimana, sekarang kita sudah deklarasi, nda ada lagi yang buang air sembarangan,”pinta Jarot.

Jarot menjelaskan, bahwa pentingnya berperilaku hidup bersih atau pola hidup sehat, terutama tidak buang air sembarangan dapat memberikan manfaat yang besar bagi kehidupan atau perilaku hidup sehat.

“Karena setiap kali buang air kecil maupun besar itu ada jutaan kuman yang terdapat pada kotoran manusia, dan jutaan kuman itu bisa menyebar melalui udara. Bisa menyebar melalui lalat yang menggerogoti kotoran itu. Kemudian lalat menempel di makanan yang dimakan, sehingga masuk ke dalam badan bisa menimbulkan penyakit dan juga menyebar lewat sentuhan tangan kalau habis buang air tangan tidak dicuci,” jelas bupati.

Untuk itu Jarot berharap dengan telah dideklarasikannya Open Defecation Free (ODF) atau tidak buang air sembarangan, semua warga punya jamban atau WC di rumah masing-masing. Sehingga tidak ada lagi yang buang air sembarangan agar semua warga, baik itu anak-anak, orang tua dan lainnya terlindung dari penyakit infeksi tersebut.

Sementara Kepala Desa Limbur Bernaung Lestari, Marjoni, mengucapkan terima kasih atas kepedulian pemkab melalui Dinas Kesehatan di Desa Limbur Bernaung Lestari.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Puskesmas Serawai yang telah mendukung seluruh kegiatan pembangunan WC atau MCK di desa kami ini, terutama kepada para petugas kesehatan yang ditugaskan di desa kami, yang telah memotivasi dan mengarahkan masyarakat menyelesaikan proses pembangunan WC atau MCK di setiap rumah warga,” pungkas Marjoni. (Arni/Humas Setda Sintang)

Bagaimana Menurut Anda